Pemberian Bantuan Pompa untuk Pengairan Sawah dan Pertanian (Pompanisasi) di Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, 11 Juli 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 11 Juli 2024
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 142 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Pemberian Bantuan Pompa untuk Pengairan Sawah dan Pertanian (Pompanisasi), 11 Juli 2024

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) 
Iya ini dalam rangka persiapan karena kita ingin mengirimkan alkes-alkes besar yang memerlukan persiapan ruangan, yang memerlukan persiapan listrik, baik itu cath lab, mammogram, kemudian CT-scan, ada MRI. Yang saya lihat nanti akan dimulai sampai di Lampung Selatan, September ini sampai tahun depan. Jadi memang ruangannya tadi yang disiapkan untuk CT-scan tadi sudah dalam proses, dan nanti saya minta Pak Bupati, Pak Gubernur yang untuk cath lab, mammogram, semuanya juga disiapkan oleh daerah. Ini baik, saya kira baik, baik.

Wartawan
Soal pompanisasi, Pak, soal pompanisasi ini setahun ke depan gimana?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) 
Iya ini kan pompanisasi ini kan untuk mengantisipasi kalau terjadi kering panjang, terjadi gelombang panas, dan kita harus siap dulu. Sehingga produktivitas petani, produksi beras kita tidak turun. Karena semua negara sekarang ini produksinya turun gara-gara gelombang panas, gara-gara kekeringan panjang. Dan saya lihat disini karena irigasi nya juga baik, ini kita tarik airnya dari irigasi yang lebih rendah untuk masuk ke irigasi sekunder, tersier, bisa lari ke sawah, sehingga kita harapkan yang biasanya tanam panen sekali bisa dua kali, yang sudah dua kali bisa tiga kali, kita harapkan itu.

Wartawan
(pertanyaan tidak terdengar)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) 
Itu tanyakan ke Pak Bupati

Wartawan
Dari DPR ada usulan mengenai revisi undang-undang wantimpres?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) 
Itu inisiatif dari DPR, tanyakan ke DPR. Itu inisiatif DPR.

Wartawan
Pak, tadi sempat berhenti di jalan ada apa, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) 
Oh mengecek jalan tadi. Mengecek jalan jalannya kan tadi lubang-lubang, banyak yang rusak, sehingga saya tadi langsung perintah kepada Menteri PU.

Wartawan
Terima kasih Pak.

Keterangan Pers Terbaru