Pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Provinsi DKI Jakarta, 8 Mei 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 8 Mei 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 748 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Gubernur Bank Indonesia, Ketua OJK, dan para menteri, Yang Mulia Duta Besar negara-negara sahabat,
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Ekonomi dan keuangan digital di Indonesia bisa dioptimalkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. Pangsa pasarnya sangat besar, sekitar 40 persen dari total transaksi ekonomi digital ASEAN dan Indonesia bisa terus berperan sebagai pemain utama di ASEAN.

Potensi untuk tumbuh semakin maju juga sangat besar. Kita berada dalam peringkat ke-6 negara dengan jumlah startup terbesar di dunia. Kita punya lebih dari 2.400 startup dan penetrasi internet kita mencapai 76,8 persen. Nilai ekonomi digital indonesia juga diproyeksikan mencapai USD130 miliar di tahun 2025 dan akan terus tumbuh mencapai sekitar USD315 miliar di tahun 2030.

Hadirin yang saya hormati,
Kunci untuk terus tumbuh dan berkembang adalah inovasi dan kepercayaan, inovasi dalam penyediaan sistem pembayaran berbasis digital serta keamanan dan perlindungan masyarakat. Inovasi dalam sistem pembayaran berbasis digital harus terus dikembangkan. Inovasi keuangan digital, seperti kartu kredit pemerintah perlu terus diperkuat untuk mempermudah belanja barang pemerintah pusat dan daerah, guna meningkatkan efisiensi dan transparansi, dan memudahkan pertanggungjawaban penggunaan belanja pemerintah.

Pengembangan konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN, seperti QRIS antarnegara juga mendesak untuk terus diperkuat, mendukung perekonomian dan inklusi keuangan di kawasan dan menjadi bagian penting dari keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini. Saya harap QRIS antarnegara dan kartu kredit pemerintah dapat mendorong kenaikan transaksi UMKM, baik melalui pembelanjaan produk-produk dalam negeri serta memperluas akses ke pasar internasional.

Hadirin yang saya hormati,
Semua inovasi harus dilakukan secara hati-hati, memperhatikan dan memiliki antisipasi risiko, sistem keamanan yang anda, serta sistem perlindungan konsumen yang baik. Mitigasi risiko ini harus betul-betul dihitung, bagaimana regulasi dan pengawasan, pemantauan dan implikasi terhadap nilai tukar, serta keberlanjutan adopsi standar internasionalnya.

Terakhir, saya minta seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk menggunakan kartu kredit pemerintah serta mendukung perluasan QRIS antarnegara, guna akselerasi ekonomi dan keuangan digital yang inklusif.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru