Pembukaan Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman, 16 April 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 April 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 3.281 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Hannover Messe 2023, 16 April 2023

Yang Mulia Kanselir Olaf Scholz;
Hadirin sekalian yang saya hormati.

Suatu kehormatan bagi Indonesia untuk kembali menjadi negara mitra Hannover Messe. “Making Indonesia 4.0” adalah tema yang sangat relevan bagi Indonesia, yang sedang melakukan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi.

Dua strategi besar kami, yang pertama, hilirisasi industri. Indonesia diberkahi sumber daya alam yang berlimpah, bonus demografi, pasar yang besar, ekonomi yang terjaga, kami punya modal besar dan kami ingin menjadi pemain besar di industri EV. Indonesia tidak sedang menutup diri,  justru kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilirisasi Indonesia. Sampai tahun 2040 ada 21 komoditas dalam peta jalan hilirisasi yang diproyeksikan mencapai nilai investasi USD545,3 billion, ini peluang yang sangat besar, yang saling menguntungkan.

Yang kedua, ekonomi hijau. Indonesia berkomitmen kuat menjaga keberlangsungan lingkungan dan telah melakukan aksi-aksi yang nyata. Laju deforestasi turun signifikan dan terendah selama 20 tahun terakhir, kebakaran hutan turun drastis 80 persen, rehabilitasi hutan 600 ribu hektare hutan mangrove yang akan selesai direhabilitasi di tahun 2024, ini terluas di dunia, juga dibangun 30 ribu hektare kawasan industri hijau. Dan, di tahun 2025, 23 persen energi berasal dari energi baru terbarukan. Dan, di tahun 2050, seluruh pembangkit batu bara ditutup. We walk the talk, not only talk the talk.

Tapi, Indonesia juga ingin memastikan bahwa transisi energi menghasilkan energi yang terjangkau bagi masyarakat kita. Tentu ini membutuhkan investasi, membutuhkan pembiayaan yang sangat besar, setidaknya UDS1 triliun sampai 2060. Dan, Indonesia mengundang investor Jerman untuk membangun green economy di Indonesia.

Sekali lagi, Indonesia sangat terbuka untuk kerja sama, untuk berinvestasi. Let us collaborate for our common prosperity.

Terima kasih. Thank you.

Sambutan Terbaru