Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-18 Asia Timur, di Jakarta Convention Center (JCC), Provinsi DKI Jakarta, 7 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 7 September 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.616 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-18 Asia Timur, 7 September 2023

Sri Baginda,
Yang Mulia para pemimpin KTT Asia Timur,
Selamat datang di KTT Asia Timur. Siang ini saya hanya ingin menekankan satu hal bahwa kita semua yang duduk di ruangan ini memiliki tanggung jawab yang sama-sama besar untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan. Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk tidak menciptakan konflik baru, untuk tidak menciptakan ketegangan baru, untuk tidak menciptakan perang baru. Dan di saat yang bersamaan, kita juga memiliki tanggung jawab untuk menurunkan tensi yang panas, untuk mencairkan suasana yang beku, untuk menciptakan ruang dialog, untuk menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada.

Yang Mulia,
Entah sudah berapa banyak kata ‘perdamaian’ dan kata ‘stabilitas’ yang dikeluarkan setiap pertemuan dari kita. Ini tidak lain menunjukkan bahwa pada dasarnya kita semua sadar, perdamaian [dan] stabilitas adalah kunci utama untuk mencapai kemakmuran. ASEAN telah bertekad untuk menjadikan kawasan ini sebagai epicentrum of growth, sehingga ASEAN akan terus bekerja memainkan peran sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas. Dan, ASEAN akan sangat menghargai jika KTT Asia Timur ini dapat menyepakati pernyataan tingkat pemimpin mengenai tekad untuk terus menjadikan kawasan ini sebagai epicentrum of growth.

Di sinilah masyarakat dunia akan menilai apakah kita pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia, tempat yang lebih baik bagi semua. Saya betul-betul meminta kepada seluruh pemimpin KTT Asia Timur untuk menjadikan forum ini sebagai tempat memperkuat kolaborasi, sebagai tempat memperkuat kerja sama, bukan justru mempertajam rivalitas.

Saya mengajak semua pemimpin untuk menunjukkan wisdom, untuk menunjukkan kepemimpinannya, agar pertemuan ini berhasil dan bermanfaat nyata bagi rakyat dunia. Di sinilah masyarakat dunia akan menilai apakah kita adalah pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia, tempat yang lebih baik bagi semua.

Demikian dari saya dan dengan ini saya nyatakan KTT ke-18 Asia Timur dibuka.

Sri Baginda,
Yang Mulia para pemimpin KTT Asia Timur,
Sejalan dengan semangat kerja sama yang inklusif, pada rangkaian KTT kali ini telah disepakati MoU kerja sama antara ASEAN dengan Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Pacific Island Forum (PIF). Untuk itu, saya menyambut baik kehadiran Presiden Bangladesh dan Perdana Menteri Kepulauan Cook pada KTT Asia Timur ini. Saya ingin mengundang para tamu ketua menyampaikan pandangannya.

Untuk mengawali, saya mengundang Yang Mulia Mohammed Shahabuddin, Presiden Bangladesh selaku Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA).
Yang Mulia, dipersilakan.

Sambutan Terbaru