Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-20 ASEAN-India, di Jakarta Convention Center (JCC), Provinsi DKI Jakarta, 7 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 7 September 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 298 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-20 ASEAN-India, 7 September 2023

Yang Mulia Perdana Menteri (PM) Modi,
Sri Baginda,
Yang Mulia para pemimpin ASEAN.

Saya sangat menghargai kehadiran PM Modi di tengah persiapan KTT G20. Terima kasih, sekali lagi, PM Modi.

Yang Mulia,
Kerja sama ASEAN dan India selama ini memang telah memberi manfaat nyata bagi rakyat. Namun, kolaborasi ini masih perlu terus kita optimalkan, apalagi melihat potensi besar Samudra Hindia yang menghubungkan 33 negara dengan 2,9 miliar jiwa dan seperlima GDP dunia di 2025. Potensi kerja sama tersebut bisa kita dorong menuju ekonomi biru, ketahanan pangan, konektivitas maritim, dan sumber daya energi laut yang berkelanjutan. Selain itu, kejahatan maritim juga harus kita tanggulangi, seperti perompakan, penyelundupan manusia, narkotika, dan juga Illegal, Unregulated, and Unreported (IUU) Fishing.

Kita harus mampu menjadikan lautan sebagai a sea of cooperation, bukan a sea of confrontation, yang harus terus dijaga stabilitasnya, yang harus terus dijaga kedamaiannya, dengan menghormati hukum internasional, mendorong habit of cooperation, dan membangun arsitektur kawasan yang inklusif. Ini adalah kunci untuk mewujudkan kawasan yang mampu menjadi epicentrum of growth.

Demikian dari saya. Dan, dengan ini saya nyatakan KTT ke-20 ASEAN India dibuka. Selanjutnya saya mengundang Yang Mulia Narendra Modi, Perdana Menteri India, untuk menyampaikan pidato pembukaannya.

Yang Mulia dipersilakan.

Sambutan Terbaru