Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-26 ASEAN–Jepang, di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), Provinsi DKI Jakarta, 6 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 September 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.145 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-26 ASEAN–Jepang, 6 September 2023

Yang Mulia Perdana Menteri Kishida,
Sri baginda, Yang Mulia para pemimpin ASEAN,

ASEAN dan Jepang telah sepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis yang bukan sekadar seremonial dan bukan sekadar basa-basi, tapi juga justru berbentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan. Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif ASEAN dan pendukung utama ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dapat menjadi kontributor utama dalam mewujudkan kerja sama konkret yang bermanfaat langsung bagi rakyat.

ASEAN membutuhkan investasi infrastruktur senilai 184 miliar US Dollar per tahun. ASEAN berharap Jepang dapat terus meningkatkan kontribusinya pada ASEAN Infrastructure Fund dan ASEAN Catalytic Green Finance Facility untuk mendukung konektivitas dan infrastruktur hijau.

Yang Mulia,
Secara geografis, Jepang dan ASEAN adalah bagian dari Asia, di sinilah rumah kita, di sinilah tempat kita tumbuh dan bernaung. Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kawasan kita sebagai kawasan damai, stabil, dan sejahtera.

Demikian dari saya.
Dan, dengan ini saya nyatakan KTT ke-26 ASEAN–Jepang dibuka.

Sambutan Terbaru