Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-3 ASEAN-Australia, di Jakarta Convention Center (JCC), Provinsi DKI Jakarta, 7 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 7 September 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 2.473 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-3 ASEAN-Australia, 7 September 2023

Yang Mulia Perdana Menteri (PM) Anthony Albanese,
Sri Baginda,
Yang Mulia para pemimpin ASEAN.

Bagi ASEAN, Australia bukan hanya sekadar tetangga, melainkan mitra komprehensif  strategis dan sekaligus penghubung dengan kawasan Pasifik. Di sisi lain, ASEAN juga merupakan mitra dagang penting Australia dengan nilai perdagangan lebih tinggi dibanding dengan Amerika Serikat dan Jepang, sehingga apapun yang terjadi di Indo-Pasifik akan berdampak besar bagi Australia maupun ASEAN.

Oleh karena itu, ASEAN dan Australia sama-sama memiliki kepentingan, sama-sama memiliki tanggung jawab untuk menjaga Indo-Pasifik tetap damai dan stabil, dan menjadikannya sebagai epicentrum of growth. ASEAN sangat menghargai dukungan Australia terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific serta partisipasi aktif Australia dalam ASEAN Indo-Pacific Forum, terutama peran aktif PM Albanese. Terima kasih,  Perdana Menteri Albanese.

Dan dengan prinsip inklusif, maka tahun ini ASEAN akan menjalin kerja sama dengan Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Pacific Islands Forum. ASEAN juga berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan Australia.

Demikian dari saya. Dan, dengan ini saya nyatakan KTT ke-3 ASEAN-Australia dibuka.
Selanjutnya, saya mengundang Yang Mulia Anthony Albanese, Perdana Menteri Australia, untuk menyampaikan pidato pembukaan.
Yang Mulia, saya persilakan.

Sambutan Terbaru