Pembukaan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023, di JIExpo Convention Center and Theater, Provinsi DKI Jakarta, 16 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 16 Februari 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.468 Kali

Sambutan Presiden Republik Indonesia pada Pembukaan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023, 16 Februari 2023

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Ketua MPR RI dan juga sekaligus beliau Ketua Ikatan Motor Indonesia Pak Bambang Soesatyo;
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir, Yang Mulia Duta Besar Kamboja;
Yang saya hormati CEO Kompas Gramedia dan seluruh manajemen Dyandra Promosindo;
Bapak-Ibu sekalian, hadirin dan undangan yang berbahagia.

Industri otomotif kita memiliki prospek yang sangat cerah, setiap tahun tumbuh sangat signifikan. Tahun 2022 kemarin tumbuh 18 persen, meningkat dari tahun sebelumnya. Penjualan mobil tahun 2022 tercatat 1.048.000 mobil. Dan juga, sepeda motor mengalami peningkatan 3,3 persen, meningkat di angka 5.221.000 unit di tahun 2022. Akibatnya, kita sekarang macet di mana-mana. Di Jakarta macet, saya pergi ke Surabaya macet, ke Bandung macet, terakhir ke Medan macet, karena memang penjualannya mencapai angka, untuk mobil 1.048.000 dan untuk kendaraan bermotor 5.221.000. Angka yang sangat besar sekali.

Supaya tidak macet, saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor. Memang peningkatannya juga cukup tajam dari tahun 2021 ke tahun 2022, dari 300 ribu kurang lebih sudah naik ke hampir 600 ribu. Ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada industri otomotif yang sudah meningkatkan ekspornya hampir 100 persen, tapi kita masih kalah dengan Thailand. Sehingga saya ingin mendorong lagi, agar ekspornya semakin tinggi dan naik setiap tahunnya.

Yang kedua, mengenai tren dunia yang ke depan ini semuanya akan, semua negara ini akan mendorong ke penggunaan mobil listrik. Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah tren yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu, dari combustion digeser sedikit-sedikit ke mobil listrik. Karena pemerintah juga sekarang ini terus mendorong agar dari hulu sampai hilir ekosistem besar mobil listrik ini segera bisa kita miliki sehingga bisa masuk ke supply chain global. Dari EV battery, dari lithium battery, semuanya sekarang ini terus kita dorong agar ini segera bisa selesai.

Jadi investor sekarang kita, kalau dia ingin membuat katoda atau prekursor, kita bilang setop dulu, harus masuk ke EV battery. Sehingga kita bisa mendapat nilai tambah yang lebih dari industri yang kita miliki.

Saya rasa itu saja yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya buka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show 2023.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru