Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, 2 Oktober 2021

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Oktober 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 39 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI;
Yang saya hormati yang mulia para Duta Besar negara-negara sahabat yang hadir secara virtual;
Yang terhormat para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beserta Ketua Panitia Besar PON XX Papua,
Yang saya hormati Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe beserta seluruh Gubernur-Gubernur dari seluruh Indonesia yang hadir, para Bupati, dan Wali Kota; serta
Yang saya hormati para Atlet dan Kontingen peserta PON XX Papua;
Hadirin dan undangan yang berbahagia, serta masyarakat Papua yang saya cintai, yang saya kasihi, yang saya sayangi.

Huwe foi.
Onomi reimai.
Wa wa wa.

Salam olahraga!

Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua. Dan, kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua.

Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara yang berbahagia,
Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara; bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini.

Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua.

Prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan. Prestasi atlet Papua, seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani (atletik), Franklin Ramses Burumi (atletik), Boaz Solossa (sepak bola), harus diikuti oleh anak muda-anak muda Papua lainnya.

Kreativitas di bidang musik, seni, dan budaya yang sangat membanggakan yang tadi juga kita lihat di awal pembukaan tadi, sangat-sangat membanggakan. Lagu Cuma Saya dari M.A.C dan Jang Ganggu dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara yang berbahagia,
Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru