Pembukaan Sidang The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit, di Gedung Nusantara DPR RI, Provinsi DKI Jakarta, 6 Oktober 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 Oktober 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 459 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Yang saya hormati Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Bapak Duarte Pacheco;
Yang saya hormati Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Ibu Dr. Puan Maharani beserta pimpinan dan anggota DPR RI;
Yang saya hormati para ketua lembaga-lembaga tinggi negara; Ketua MPR RI, Ketua DPD RI, Ketua BPK RI, Ketua Mahkamah Agung, Ketua KY;
Yang saya hormati Yang Mulia Para Ketua Parlemen Negara-Negara Anggota G20 serta para ketua parlemen negara-negara sahabat lainnya, para pimpinan organisasi-organisasi internasional yang saya hormati;
Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, saya mengucapkan selamat datang di Jakarta, selamat datang di Indonesia kepada para ketua parlemen negara G20 serta seluruh delegasi dan undangan G20 Parliamentary Speakers’ Summit ke-8.

Di tengah tantangan yang berat yang dihadapi oleh semua negara sekarang ini, penyelenggaraan Summit P20 menambah optimisme baru bahwa kekuatan masing-masing negara bekerja bersama dan antarnegara saling belajar dan berkolaborasi.

Bapak-Ibu yang saya hormati,
Dunia tengah menghadapi tantangan yang sangat berat. Pandemi belum sepenuhnya berakhir, konflik geopolitik menimbulkan dampak global, ancaman krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan menghantui semua negara. Pada saat yang bersamaan, semua negara akan menghadapi dampak perubahan iklim yang juga menimbulkan gangguan pada produksi pangan, sehingga ancaman kelaparan muncul di depan mata.

Dalam menghadapi ancaman besar ini, kemampuan dari setiap negara itu berbeda-beda. Ada negara yang mampu bertahan dan memiliki resiliensi yang tinggi, tapi banyak juga negara yang terancam menjadi negara gagal, yang berdampak pada jutaan warganya, serta memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global. Karena itu, saya yakin forum Parlemen G20 ini menjadi sangat strategis untuk membicarakan agenda-agenda bersama dunia yang memerlukan dukungan politik dari parlemen untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata yang dihadapi seluruh warga dunia.

Hadirin yang saya muliakan,
Dalam mengatasi masalah-masalah bersama, kita harus bekerja bersama-sama, kita harus menurunkan ego kita masing-masing, kita harus berupaya keras mengatasi perbedaan-perbedaan, memperbanyak dan memperkuat titik temu untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia, serta mengatasi krisis lebih efektif. Multilateralisme merupakan jalan yang paling efektif untuk mengatasi tantangan bersama. Tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan sendiri oleh satu negara atau beberapa negara. Kita harus mau duduk bersama, berbicara, dan membangun jembatan dialog, sehingga menemukan jalan keluar dari berbagai persoalan yang kita hadapi.

Konflik dan perpecahan justru menyengsarakan kita semua. Semua terdampak, semua rugi, semua terancam, tidak ada satu pun yang menang karena sesungguhnya semuanya kalah. Karena itu, saya mengajak parlemen global untuk dapat menjadi bagian dari solusi, berperan sebagai jembatan, pembawa misi perdamaian, membangun dialog dan membangun perundingan, mengedepankan kebersamaan, menghindari perpecahan.

Parlemen G20 adalah representasi suara rakyat, rakyat global, yang dipilih dan dipercaya rakyat, yang menjaring dan menyuarakan suara rakyat, dan sekaligus mengajak rakyat bekerja bersama dalam menghadapi tantangan yang sangat berat ini. Karena itu, saya berharap forum ini merupakan ajang yang tepat untuk membangun kebersamaan dengan rakyat, membangun kebersamaan lintas negara, membangun perdamaian dunia, serta bekerja bersama memecahkan masalah-masalah kemanusiaan dan membangun dunia yang lebih makmur berkeadilan.

Itu saja yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini pembukaan sidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) saya nyatakan dimulai.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru