Pemerintah Apresiasi Peran Daerah Dalam Sukseskan KUR

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 10 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 887 Kali

Penganugerahan KUR Award kategori Provinsi, Rabu (09/08/2023), di Posbloc, Jakarta Pusat. (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian menyelenggarakan penganugerahan KUR Award kategori Provinsi, Rabu (09/08/2023), di Posbloc, Jakarta Pusat. Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi peran pemerintah provinsi (pemprov) dalam menyukseskan program kredit usaha rakyat (KUR) pada tahun 2022.

“Pemerintah Provinsi telah meningkatkan dan berperan aktif sebagai kunci dalam meningkatkan akses KUR kepada masyarakatnya. Dengan dukungan penuh dari pemprov, lembaga keuangan, dan para pelaku usaha, kita berhasil meningkatkan kualitas penyaluran KUR yang efektif, efisien dan tepat sasaran,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Melalui penganugerahan ini, Airlangga mengharapkan adanya peningkatan peran aktif pemimpin daerah untuk mengolaborasikan berbagai program pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui perluasan akses pembiayaan.

“Saya juga mengapresiasi hari ini ada [penandatanganan] Perjanjian Kerja Sama dengan Warteg Kharisma Bahari yang anggotanya seribu. Anggotanya sewu, Bapak, Ibu. Warung tegal dikenal sebagai salah satu penopang kebutuhan masyarakat Jabodetabek. Kepada Asosiasi Warteg Kharisma Bahari, saya berharap bahwa limit ini dapat dimanfaatkan untuk usaha, semoga penjualan terus meningkat,” ujarnya.

Penganugerahan ini merupakan hasil penilaian atas pemenuhan tugas-tugas terkait program KUR dan upaya pendukung kebijakan KUR kepada debitur KUR terdampak pandemi COVID-19 di masing-masing provinsi. Penetapan peraih penghargaan dilakukan melalui penilaian aspek kualitatif, dokumen, presentasi, dan wawancara yang dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi UMKM, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta akademisi. Berikut penerima penghargaan kategori provinsi:
A. Pemerintah Provinsi dengan Strategi Terbaik dalam Pencapaian Penyaluran KUR
1. Provinsi Jawa Tengah
2. Provinsi Jawa Timur
3. Provinsi Lampung
B. Pemerintah Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Peningkatan Penyaluran KUR
1. Provinsi Jawa Barat
2. Provinsi Sumatera Selatan
3. Provinsi Bali.

(HUMAS KEMENKO EKON/UN)

Berita Terbaru