Pemerintah Bengkulu Utara Siap Gelar Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Pulau Enggano

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 Agustus 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 22.838 Kali
Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara, Sahat Marulitua Situmorang saat diwawancara, Kamis (11/8) sore, di Bengkulu Utara. (Foto: Humas/Jay)

Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara, Sahat Marulitua Situmorang saat diwawancara, Kamis (11/8) sore, di Bengkulu Utara. (Foto: Humas/Jay)

Kabupaten Bengkulu Utara memiliki 19 kecamatan yang terdiri dari 18 kecamatan berada di daratan sedangkan 1 kecamatan berada di tengah samudera yaitu Enggano. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara menilai Enggano adalah kepulauan yang strategis, walaupun berpenduduk hanya 3.400 jiwa, namun dari potensi yang ada sangat menarik dan sangat seksi untuk dikembangkan karena potensi alam serta perikanan bisa jadi destinasi pariwisata.

Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara, Sahat Marulitua Situmorang mengemukakan, dari segi kebudayaan, Enggano memiliki kesenian, lagu, dan alat musik yang khas dibandingkan daerah-daerah lain. Tidak berlebihan jika kemudian pemerintah menunjuk Pulau Enggano sebagai lokasi Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 nasional untuk pulau-pulau kecil terluar , pada 17 Agustus 2016.

“Ini merupakan kesempatan karena peluang untuk mengembangkan daerah menjadi besar baik dari pemerintah pusat ataupun swasta. Kami yakin peringatan kemerdekaan ini menjadi pintu masuk dalam pengembangan Enggano,” kata Sahat.

Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara itu menjanjikan konsep menghadirkan negara dalam pemerintahan, sebagaimana diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ketika ada daerah yang membutuhkan maka pemerintah akan hadir di sana. “Terkait perkembangan Enggano, mungkin saat ini dengan adanya event nasional, semoga jalan bisa diperbaiki dan dapat menggelar lomba triathlon tahun depan,” tambah Sahat.

Kesiapan panitia, menurut Sahat, seiring intensitas berkomunikasi yang bertambah dengan masyarakat Enggano, sedikit demi sedikit warga makin terbuka dengan kehadiran agenda nasional kali ini.

“Pemerintah pusat dapat memberikan perhatian infrastruktur jalan dan telekomunikasi agar bisa mendukung pengembangan Enggano. Perbaikan bandara juga akan menambah pengunjung ke Enggano,” tutur Sahat jelaskan tujuan dilaksanakan agenda pusat di Enggano.

Sebagai informasi, rencana peringatan HUT kemerdekaan di Pulau Enggano, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar. Dalam pasal 6 Perpres tersebut dinyatakan pengembangan pulau-pulau terluar dilakukan oleh Tim Koordinasi Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT). Tim Koordinasi ini diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Menteri Kelautan dan Perikanan sebagai Ketua, serta Menteri Dalam Negeri sebagai Wakil Ketua. Anggota Tim Koordinasi ini terdiri dari 17 menteri atau pejabat setingkat menteri.

Salah satu upaya Tim Koordinasi ini untuk mengenalkan dan mensosialisasikan, serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan pulau-pulau kecil terluar adalah dengan mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di pulau kecil terluar. Pada tahun 2016, Tim Koordinasi/Tim Kerja Pengelolaan PPKT telah memilih pulau Enggano sebagai tempat upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. (EN/DAN/ES)

Berita Terbaru