Pemerintah Normalisasi Sungai Cisadane Mulai Tahun 2016

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 20 November 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 12.419 Kali

cisadaneKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan normalisasi Sungai Cisadane yang melintas di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, Banten. pada Tahun 2016.
Kepala Balai Besar WIlayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Ditjen SDA, Kementerian PUPR T.Iskandar mengatakan bahwa normalisasi dilakukan karena terjadinya longsoran dan sedimentasi di sungai tersebut.

“Ciliwung sedikit berbeda dengan Cisadane yang banyak daerah yang longsor, pekerjaan yang dilaksanakan terutama memberikan garis sempadan yang permanen di tengah perkotaan, sehingga mencegah okupasi lahan sungai,”tutur Iskandar di Jakarta, Kamis (19/11).

Iskandar mengatakan bahwa pemukiman di bantaran Sungai Cisadane tidak se-ekstrim seperti di Sungai Ciliwung, namun pelaksanaan normalisasi sungai CIsadane juga diintegrasikan sebagai penertiban dan penataan sepanjang sungai nantinya oleh pemerintah kabupaten dan kota Tangerang. Selain itu normalisasi Sungai Cisadane juga  untuk mendukung Festival Sungai Cisadane yang digelar setiap tahunnya.

“Dari hasil studi yang dilakukan, sepanjang 26 km perlu dilakukan normalisasi, namun tahun depan kita sentuh di 5 km pertama, kami akan mencari kira-kira lokasinya dimana yang akan didahulukan sebagai prioritas dari 26 km tersebut,”tutur Iskandar.

Pemerintah Kota Tangerang, tutur Iskandar telah menyatakan kesiapannya atas lahan untuk 3 km di sungai Cisadane. Dianggarkan, untuk normalisasi sepanjang 5 Km tersebut sebesar Rp 250 miliar dengan kontrak tahun jamak. Sementara total kebutuhan untuk normalisasi sepanjang 26 km adalah Rp 1,8 triliun. (KemenPUPR/ES)

Nusantara Terbaru