Pemerintah Proses Pembentukan BUMN Khusus Kelola Energi Geothermal

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 29.376 Kali
Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Gubernur Kalbar Cornelis menjawab wartawan, di Pontianak, Sabtu (22/8)

Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Gubernur Kalbar Cornelis menjawab wartawan, di Pontianak, Sabtu (22/8)

Pemerintah sedang mengkaji dan memproses pembentukan badan usaha milik negara (BUMN) yang khusus menangani energi geothermal (panas matahari).

“Panas bumi itu mempunyai potensi 29 ribu Mega Watt (MW), yang sudah bertahun-tahun tidak tertangani dengan baik. Padahal panas bumi menghasilkan listrik yang ramah lingkugan, namun tidak dikerjakan,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan seusai membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Asistensi Sosial Penyandag Disabilitas, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), di SMPN 4 Pontianak, Kalbar, Sabtu (22/8) pagi.

Menurut Presiden Jokowi, kita selama ini terlalu berkonsetrasi menghasilkan tenaga listrik dengan bersumber dari bahan bakar batubara.

“Oleh sebab itu, ini akan kita geser untuk bisa masuk ke geothermal, dan itu harus ada yang urusin, sehingga saat ini dibut kajiannya, diproses untuk dibuat BUMN khusus yang menangani geothermal,” jelas Presiden Jokowi. (DNS/AGG/ES)

Berita Terbaru