Pemerintah Siap Hadapi Mudik Lebaran, Presiden Jokowi: Yang Paling Macet Brebes – Tegal

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 1 Juli 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 39.387 Kali
Presiden Jokowi bertemu dan membagikan sembako bagi warga kota Serang, Banten, Kamis (30/6) siang

Presiden Jokowi bertemu dan membagikan sembako bagi warga kota Serang, Banten, Kamis (30/6) siang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah sudah siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. “Ya laporan yang saya terima sudah semua sudah siap, tinggal nanti di lapangannya saja,” kata Presiden Jokowi seusai melakukan pembagian paket sembako di Kampung Kebanyakan, Kota Serang, Banten, Kamis (30/6) siang.

Menurut Presiden, dari kalkulasi perhitungan pemerintah, jalur dari Brebes hingga Tegal, Jawa Tengah, akan menjadi jalur yang paling macet dalam masa mudik lebaran kali ini. “Dari kalkulasi perhitungan kita memang di Brebes sampai Tegal, itu nanti yang kemacetan padatnya paling tinggi di situ,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden telah menginstruksikan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengenai kesiapan arus mudik Lebaran 2016 tersebut.

Menurut Jonan, sesuai arahan Presiden ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, menghilangkan kemacetan dalam arus mudik dan balik. “Ini tugas berat sekali,” ujar Jonan saat memimpin upacara kesiapan operasi Lebaran di halaman Kantor Kementerian Perhubungan, bebeberapa waktu lalu.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan untuk meningkatkan keselamatan pemudik selama arus mudik dan balik.

Untuk itu, Jonan meminta kepada para aparat untuk menindak tegas setiap pelanggaran lalu lintas yang terjadi, terlebih bila pelanggaran tersebut membahayakan keselamatan pemudik lainnya. (*/ANT/ES)

 

Berita Terbaru