Pemerintah Siapkan Jutaan Hektar Lahan Untuk Hilirisasi Dan ‘Foodestate’

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 April 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 39.353 Kali
Menteri Pertanian Amran Sulaeman menjawwab wartawan, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/4)

Menteri Pertanian Amran Sulaeman menjawwab wartawan, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/4)

Guna mendukung upaya peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat, pemerintah telah menyiapkan jutaan hektar lahan untuk membangun foodestate dan program hilirisasi.

Menteri Pertanian Amran Sulaeman mengatakan, berdasarkan evaluasi hasil kerja selama Oktober 2014 sampai Maret 2015 sudah kenaikan lahan tanam seluas 700 ribu hektar, yang diharapkan bisa meningkatkan produksi hingga 3 juta ton.

Selain itu, pemerintah juga akan mebangun foodestate, dan ke depannya untuk hilirisasi seluas 3 juta hektar yang akan dilakukan tahun ini.

Mungkin ada pembukaan lahan baru? “Ini rencana ke depan di perbatasan 1 jt hektar untuk sawit, kemudian Kalimantan 500 ribu hektar untuk foodestate. Rencananya untuk tanaman jagung, kedelai, dan padi,” kata Amran kepada wartawan seusai rapat terbatas yang membahas masalah pertanian dan perkebunan, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/4) sore.

Fokus foodestate itu, lanjut Menteri Pertanian, ada di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Namun yang di Merauke, Papua, juga akan tetap dijalankan.

Menteri Pertanian menambahkan, untuk Kalimantan sementara ada alokasi lahan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan seluas 350 ribu hektar.

Mengenai tanggapan para pengusaha yang hadir dalam rapat terbatas atas program pemerintah itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, meraka semangat karena ada hilirisasi. “Bantuan yang diberikan kepada pengusaha berupa kemudahan-kemudahan, khusus penyiapan lahan oleh pemerintah, birokrasi kita percepat, dan pelayanan lainnya juga dipercepat,” paparnya.

Menteri Pertanian meyakini, kalau hilirisasi dan membangun foodestate lahan baru tentu kesejahteraan petani juga akan meningkat. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru