Pemerintah Siapkan Promosi Sail Sabang 2017 Hingga Mancanegara

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Oktober 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 15.745 Kali
Rakor bidang publikasi, promosi, dan dokumentasi Sail Sabang 2017, di Kementerian Pariwisata, Rabu (18/10). (Foto: Humas/Nia)

Rakor bidang publikasi, promosi, dan dokumentasi Sail Sabang 2017, di Kementerian Pariwisata, Rabu (18/10). (Foto: Kemenpar)

Pemerintah akan menggelar event pariwisata Sail Sabang 2017 pada 28 November s.d. 5 Desember 2017 mendatang. Berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, event Sail kali ini lebih diarahkan kepada promosi pariwisata.

“Sejak Sail Karimata di tahun 2016, pelaksanaan sail lebih diarahkan kepada promosi pariwisata,” demikian disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana dalam rapat koordinasi (rakor) bidang publikasi, promosi, dan dokumentasi Sail Sabang 2017, di Kantor Kementerian Pariwisata, Rabu (18/10) pagi.

Pelaksanaan rapat sendiri, ungkap Gde Pitana yang juga merupakan Ketua Bidang Publikasi, Promosi, dan Dokumentasi Sail Sabang 2017, diselenggarakan untuk memantapkan langkah promosi dan publikasi yang dilakukan untuk menggemakan Sail Sabang 2017, terutama di mancanegara.

“Indikator yang sangat penting (dalam kesuksesan Sail Sabang 2017) adalah seberapa besar kah kita bisa menggemakan aktivitas ini,” ujar Gde seraya menambahkan indikator jumlah peserta sail atau rally serta aura atau kesuksesan acara puncak juga digunakan sebagai tolok ukur kesuksesan Sail Sabang.

Guna menggemakan Sail ini, disampaikan I Gde Pitana, pihaknya telah melakukan promosi dan publikasi di berbagai media.

“Di luar negeri, kami sudah menayangkan kegiatan ini di AXN,” ujar Gde Pitana mencontohkan.

Meskipun telah melakukan banyak promosi, lanjut Pitana, pihaknya menyadari hal tersebut belum cukup untuk menggemakan Sail Sabang ini. Untuk itu, ia meminta dukungan Kementerian/Lembaga terkait.

“Dalam rangka membesarkan media values-nya maka kami sangat meminta dukungan dari berbagai K/L,” kata Gde.

Hasil rapat, ujar Gde Pitana, akan disampaikan dalam rapat nasional Panitia Pusat Sabang 2017 yang akan dilaksanakan tanggal 25 Oktober mendatang.

“Sail ini bukan sail membangun lokasi fisik tapi kesempatan kita mempromosikan ke luar negeri citra negara dalam arti seluas-luasnya,” pungkas Gde.

Asisten Deputi Bidang Kepariwisataan, Ristek, dan Lingkungan Maritim Sekretariat Kabinet (Setkab) Arief Khumaidi selaku perwakilan Sekretariat Kabinet menyampaikan bahwa Sekretariat Kabinet siap mendukung sepenuhnya upaya untuk menggemakan Sail Sabang 2017 ini melalui media yang dimiliki.

“Kami dari Setkab juga mempunyai media setkab.go.id, juga bisa saya tawarkan jadi tempat untuk kegiatan promosi,” kata Arief seraya menambahkan bahwa media Setkab telah dipandang menjadi media rujukan.

Rapat ini dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Kepariwisataan, Ristek, dan Lingkungan Maritim Sekretariat Kabinet Arief Khumaidi serta perwakilan dari Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Telkom, Telkomsel, RRI, TVRI, dan Kementerian Pariwisata.

Sederet kegiatan yang akan menghiasi event Sail Sabang 2017, antara lain:
– Acara Puncak
– International Yacht Rally
– Tarian Massal Saman
– Sabang Wonderful Expo
– Aceh Fundive
– Islamic Cruise
– Seminar Wisata Bahari
– Sabang Bazaar
– Video & Photo Drone Contest
– Jambore Iptek
– Pentas Wonderful Sabang
– Sabang Underwater Photo Contest
– Kapal Pemuda Nusantara
– Lomba Menulis Blog
– Festival Kopi & Kuliner
– Eksebisi Paramotor
– Parade Kapal Tradisional
– Sendratari Keumalahayati
– Aerobatic Show
– City Tour Sabang
– Lomba Memancing
(UN/ES/EN)

Berita Terbaru