Pemerintah Siapkan Relokasi Permanen Untuk Korban Longsor Banjarnegara

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Desember 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 17.289 Kali
Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan

Pemerintah menyiapkan tempat  permanen untuk merelokasi korban bencana longsor di  Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengatakan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah saat ini telah melakukan pembicaraan mengenai lokasi pemindahan masyarakat Dusun Jemblung tersebut.

Ferry meyakinkan, bahwa relokasi yang disiapkan pemerintah itu di lokasi yang benar-benar aman dan tidak berpotensi longsor.

“Jadi bukan relokasi sekedar pindah dari tempat bencana tapi aman dari potensi lonsor. Memang kita merelokasi jauh dari potensi (longsor),” kata Ferry kepada wartawan sebelum mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/12).

Namun demikian, diakui Ferry, relokasi tersebut haruslah mempertimbangkan berbagai aspek di antaranya aspek sosial dan ekonomi masyarakat setempat.

“Ini kan soal pilihan hidup, ruang hidup. Jadi kita bicara dengan mereka. Artinya kita harus lihat, mereka petani maka lokasi untuk mereka harus tempat yang untuk buka lahan pertanian. Jadi bukan sekedar pindah rumah tetapi juga soal kehidupan mereka,” terang Ferry.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bencana longsor yang terjadi di di  Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (12/12) telah mengakibat puluhan warga meninggal.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Selasa (16/12) telah ditemukan 64 orang meninggal dunia. Sementara 44 orang lainnya masih dalam pencarian Tim Evakuasi.

Adapun jumlah warga yang ditampung di tempat pengungsian keseluruhannya mencapai 1.146 orang yang tersebar di 10 lokasi. (Humas Setkab/ES)

 

 

Nusantara Terbaru