Pemkab Mukomuko Programkan Sertifikat Rumah Gratis

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 September 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 96.172 Kali
Kantor Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Kantor Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprogramkan bantuan sertifikat gratis bagi warga yang punya lahan perumahan dan perkebunan tetapi tergolong ekonomi miskin.

“Rencananya tahun 2015. Diprioritaskan untuk warga yang benar benar tergolong ekonomi miskin,” kata Kabag Administrasi Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Syafriadi, di Mukomuko, Minggu (28/9).

Menurut Syafriadi, program daerah (Proda) tersebut seharusnya dilaksanakan tahun 2014. Karena keterbatasan anggaran dan ketiadaan juknisnya, sehingga tidak jadi.

Untuk itu, lanjut Syafriadi, program daerah tersebut dilanjutkan pada 2015. Dengan mengusulkan anggarannya dalam APBD, termasuk persiapan juknisnya.

Syafriadi menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus meminta kepala desa agar menyampaikan data warganya yang punya lahan perkebunan yang tergolong ekonomi miskin. Termasuk, meminta data aset aset negara di desa. Agar aset itu tercatat dan menjadi kekayaan di desa.

Menurut Kabad Administrasi Pemerintah Kabupaten Mukomuko itu, jika data yang diminta telah terkumpul semua, selanjutnya pemerintah setempat lebih mudah memprosesnya dan menindaklanjuti sesuai dengan sasaran dan yang lebih dahulu diprioritaskan.

Dikatakan Syafriadi, meskipun program itu belum dapat dilaksanakan dalam tahun 2015, minimal dengan data itu dapat membantu Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat yang punya program nasional (Prona) sertifikat gratis bagi warga setempat.

“Beberapa tahun ini BPN telah membagikan ratusan persil sertifikat gratis bagi warga dengan sasaran nelayan dan usaha kecil menengah (UKM) yang punya lahan dan sertifikat itu bisa menjadi agunan di bank untuk mendapatkan modal usaha,” ujarnya lagi.

Ia berharap, usulan anggaran untuk program daerah itu memberikan bantuan sertifikat gratis bagi warga miskin disetujui. (Ant/ES)

Nusantara Terbaru