Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Website Desa Terbaik

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 November 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 39.592 Kali

Tanah BumbuPemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil meraih penghargaan Desa Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Award periode 2014, dari Kementerian Informasi dan Komunikasi, dalam kategori website desa terbaik dan website desa terbanyak tingkat nasional.

“Penghargaan Desa Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (Destika) Award diraih, saat mengikuti Festival Destika periode 2014 yang dilaksanakan oleh Kominfo RI di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Tanah Bumbu, Eka Safrudin, Selasa, melalui siaran persnya hari ini.

Berdasarkan evaluasi tim penilai, jumlah desa di Tanah Bumbu yang mengelola informasi dan komunikasi melalui website mencapai 105 desa. Desa yang ditetapkan sebagai desa terbaik dalam sistem pengelolaan website tersebut adalah Desa Batu Meranti, Kecamatan Sungai Loban.

Eka memaparkan, Pemkab Tanbu sangat mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih pemerintah Desa Batu Meranti yang turut mengharumkan nama daerah melalui ajang Festival Destika Award 2014 di tingkat nasional.

Keberhasilan Desa Batu Meranti diharapkan menjadi contoh dan motivasi bagi desa yang lain agar dapat melakukan hal yang sama dan lebih baik lagi dalam mengelola sistem informasi guna mendorong pelaksanaan program pembangunan daerah.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Said Akhmad, menambahkan, keberhasilan Desa Batu Meranti meraih penghargaan Destika Award dengan kategori website desa terbaik, merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pemerintah, dan masyarakat desa.

“Pemerintah daerah bersama-sama masyarakat desa membangun daerah dengan cara menampilkan, dan menginformasikan pelaksanaan program pembangunan desa melalui website secara update, sehingga pengelolaan pemerintahan desa dapat diketahui oleh masyarakat luas tidak hanya di Tanah Bumbu tapi juga luar daerah,” kata Said Akhmad.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, menyatakan sistem pengelolaan informasi dan komunikasi berbasis tekhnologi website, atau internet adalah wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat demi tercapainya pemerataan pembangunan dan pengelolaan sistem pemerintahan desa yang lebih transparan.

Komitmen ini sebelumnya juga sudah diwujudkan dengan membentuk TIM IT pada 2012 yang setiap anggotanya ditugaskan untuk mengelola seluruh jaringan website di setiap instansi pemerintah daerah.

Sistem penyebarluasan informasi melalui website, diharapkan lebih mampu menyebarluaskan informasi kemajuan pembangunan daerah khususnya dari setiap pemerintahan desa yang ada.

“Saat ini informasi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat khususnya yang ada di perdesaan dalam upaya mempercepat pelaksanaan program pembangunan bagi masyarakat ke depan,” kata Bupati. (ANT/ES)

Nusantara Terbaru