Pemprov Riau Bersiap Terima Kunjungan Presiden Jokowi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 24 November 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 38.714 Kali

kantor pemrov riauProvinsi Riau bersiap menyambut kunjungan kerja Presiden  Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (26/11) lusa untuk melihat langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Untuk persiapan ini, Pemprov Riau telah menggelar rapat dengan unsur pimpinan Muspida, seperti Polda, Korem, Lanud pada Senin (24/11).

Kepala Biro Humas Sekdaprov Riau Yoserizal Zein mengemukakan, Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Pekanbaru, Riau, pada Rabu (26/11). Setibanya di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nuryadin, Pekanbaru, Presiden Jokowi akan langsung terbang   menggunakan  helikopter menuju Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selama penerbangan tersebut,  presiden akan melintasi Taman Nasional Tesso Nilo, kemudian akan mendarat di Kabupaten Meranti, untuk berdialog dengan warga setempat.

Sedangkan dalam penerbangan  pulang kembali ke Pekanbaru, Presiden Jokowi akan memantau lewat udara di atas kawasan Cagar Biosfer Giam Siak.

Dii Pekanbaru sendiri, Presiden Jokowi dijadwalkan blusukan ke Pasar Bawah, yakni pasar wisata berbelanja andalan masyarakat di Riau.

Pengamanan Ketat

Polda Riau mengerahkan 1.700 personel  untuk mengamankan kunjungan Presiden Jokowi , yang  akan dibagi di dua daerah, yakni Kota Pe­kanbaru dan Kabupaten Ke­pulauan Meranti.

Untuk Kota Pekanbaru, me­reka akan disebar di beberapa titik vital. Mulai dari kawasan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, jalan raya, hingga di kawasan Pasar Wisata Pasar Bawah, Senapelan.

Sedangkan untuk pengamanan di Kepuluauan Meranti, Polda Riau juga sudah berkoordinasi dengan Polres Kepulauan Meranti untuk pengamanan ini. Khususnya untuk pengamanan di sejumlah titik yang akan dikunjungi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Termasuk lahan seluas 2 ribu hektare bekas kebakaran lahan yang rencananya akan menjadi perhatian.

Menurut Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, Minggu (23/11), penurunan ribuan personel Polda Riau untuk pengamanan presiden kali ini, termasuk yang besar. Hal itu wajar, mengingat kunjungan Presiden Jokowi ke Riau memiliki makna yang penting bagi Riau.

Secara terpisah, Kapolres Meranti, AKBP Pandra mengatakan, pihaknya hari ini juga menggelar rapat bersama dengan Pemkab Meranti.

“Sejak kemarin kita sudah berdialog bersama dengan jajaran Pemda, tokoh adat, tokoh masyarakat dalam menyambut ke datangan Presiden Jokowi. Kita berharap, kedatangan presiden nanti bisa berjalan lancar di tempat kami,” kata AKBP Pandra Arsyad mantan Abang None perwakilan DKI Jakarta itu.

Datangi Lokasi Karhutla

Sementara itu dari Kota Selatpanjang, tim koordinasi yang terdiri dari Pemkab Meranti, Kodim 0303 Bengkalis, Koramil 04 Selatpanjang dan pihak Kepolisian, pada Minggu kemarin mendatangi Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur. Kawasan itu akan menjadi salah satu daerah yang ditinjau Presiden Jokowi.

Tim koordinasi ini dihadiri Asisten lll Setdakab Meranti, Tengku Akhrial, Kabag Humas Ery Suhairi, Kapolsek Tebingtinggi AKP Ade Rukmayadi, Danramil 04 Selatpanjang Kapten Inf S Sinaga, Dandim 0303/BKLS Letkol Art Wahyu, Dan Pos AL Selatpanjang Pembantu Letnan l Z E Tanjung.

Lokasi yang pertama sekali didatangi tim adalah Desa Sungai Tohor. Sesuai rencana, Presiden Jokowi yang berangkat dari Pekanbaru menggunakan helikopter, akan mendarat di desa itu. Selanjutnya, tim juga melihat lokasi bekas kebakaran hutan dan lahan yang akan ditinjau presiden.

Masyarakat setempat juga terlihat telah bersiap-siap menyambut kedatangan Jokowi. Berbagai persiapan berupa pembersihan lahan tempat menanam sagu sebagai simbolis sudah dibersihkan. Jembatan menuju kilang sagu yang rencananya didatangi Jokowi juga sudah diperbaiki. (*/WID/ES)

Nusantara Terbaru