Penanaman Mangrove Bersama Masyarakat, di Pantai Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 28 September 2021

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 28 September 2021
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 24 Kali

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Indonesia ini memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia, 3,36 juta hektare. Itu kurang lebih 20 persen dari total hutan mangrove yang ada di dunia. Artinya kita memiliki sebuah kekuatan dalam potensi hutan mangrove.

Tetapi yang paling penting adalah bagaimana memelihara, bagaimana merawat, bagaimana merehabilitasi yang rusak sehingga betul-betul hutan mangrove kita ini semuanya terjaga. Karena, hutan mangrove ini selain memperbaiki ekosistem di pesisir pantai, kemudian juga mengurangi abrasi dari air laut. Yang paling penting adalah habitat di sekitar mangrove juga terjaga dengan baik, dan sangat mengurangi emisi karbon yang ada dibandingkan hutan-hutan tropis di darat.

Sehingga sekali lagi, sebagai negara yang memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia kita wajib memelihara ini. Karena apapun, ini adalah kekuatan Indonesia. Ya, saya rasa itu. Dan kita selalu melibatkan komunitas pecinta lingkungan hidup, komunitas nelayan untuk menanam, memelihara, merehabilitasi hutan mangrove kita.

Wartawan
Boleh dijelaskan tadi sampai rela nyemplung ke pantai?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya saya kira ini Bapak-Ibu semuanya ‘kan juga semuanya menanam, semuanya masuk ke air, ya masak saya di darat sendiri, ‘kan enggak lucu. Enggak ada masalah. Basah ‘kan paling-paling hanya 5-10 menit, enggak ada masalah.

Ya, terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru