Penanaman Pohon Bersama Masyarakat di Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), Kelurahan Kedabang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, 8 Desember 2021

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 8 Desember 2021
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 195 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada hari ini saya datang berkunjung ke Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di bekas-bekas tambang yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, yang ini juga akan nanti kita lanjutkan di provinsi-provinsi yang lain.

Kita tahu ini adalah bekas pertambangan emas, kira-kira tahun 90-an. Kemudian tadi kita telah menanam vegetasi pohon, baik itu buah-buahan dan spesies-spesies yang lainnya. Kita harapkan dengan penanaman pohon tadi, pemulihan lingkungan, utamanya di catchment-catchment area, di daerah tangkapan air di daerah tangkapan hujan yang di daerah aliran sungai, baik Sungai Kapuas, Sungai Melawi di hulunya ini banyak yang rusak karena hal-hal yang berkaitan dengan pertambangan dan juga kerusakan hutan karena perkebunan.

Kita harapkan ini akan dimulai juga di tempat-tempat yang lain, sehingga perbaikan lingkungan untuk bekas tambang betul-betul bisa kita kerjakan dengan baik. Selain, kita akan juga membangun sebuah persemaian/nursery di lingkungan Sungai Kapuas dalam rangka penanaman kembali, rehabilitasi kembali hutan-hutan kita yang rusak.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru