Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, 15 Mei 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 15 Mei 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 459 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023, 15 Mei 2023

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om swastiastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati para Menteri, Panglima TNI, Kapolri,
Yang saya hormati Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)  beserta seluruh Kepala BPS Provinsi yang hadir, serta petugas sensus yang segera akan melaksanakan sensus pertanian ini,
Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Kita tahu untuk menghasilkan sebuah kebijakan yang tepat butuh data yang akurat, sering kita kedodoran di sini. Lahan pertanian kita berapa, butuh pupuk berapa, sering data itu tidak siap dan akurat.

Kenapa sensus pertanian ini dilakukan? Sektor ini melibatkan hajat hidup orang banyak, sehingga butuh akurasi kebijakan dan akurasi kebijakan itu butuh akurasi data. Kalau sudah kita putuskan pupuk subsidi, katakanlah sembilan juta ton, itu kan dari data memutuskan itu. Tapi di lapangan banyak yang petani berteriak, “Pak, pupuk enggak ada.” Mungkin suplainya kurang, mungkin distribusinya yang enggak betul. Tapi kalau datanya akurat, gampang sekali, oh ya bukan sembilan juta ton tapi 13 juta ton misalnya. Sudah, rampung, enggak ada keluhan.

Oleh karena itu, saya mendukung sekali pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 ini. Dan ini sudah pelaksanaan terakhir 10 tahun yang lalu, Pak Kepala BPS ya? Menurut saya juga kelamaan. Sudah berjalan berubah setiap tahun, keputusannya masih pakai data 10 tahun yang lalu. Mestinya ini setiap lima tahun lah. Biayanya juga enggak banyak, berapa sih mungkin Rp3 triliunan menurut saya. Tapi penting, bagaimana saya bisa memutuskan sebuah kebijakan kalau datanya enggak akurat yang paling ter-update, terkini.

Sekali lagi, saya mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 ini, agar sensus ini betul-betul menghasilkan data yang terkini, akurat, dan terpercaya. Dan, sensus pertanian ini menyangkut pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Semuanya akan dilakukan sensus di situ, karena kita tahu sektor ini memiliki peran yang sangat strategis. Data yang ada di saya, menyumbang 11,8 persen terhadap total PDB kita, besar sekali.

Hati-hati di sektor ini, juga sekarang ini sangat rawan. Kita tahu krisis pangan di mana-mana, 345 juta orang di dunia sekarang ini terancam kekurangan pangan dan kelaparan. Karena apa? Perubahan iklim, karena perang. Oleh sebab itu, sektor ini memegang peran yang sangat penting ke depan, peran yang sangat strategis ke depan. Dan, ini juga menyediakan lapangan kerja, 40 juta orang hidup di sektor ini, ini sudah 29 persen dari total angkatan kerja, banyak sekali.

Sekali lagi, saya mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 ini dan saya minta seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian menyukseskan sensus ini. Ini nanti dilaksanakan dari 1 juni sampai 30 Juli, artinya dua bulan selesai dan setelah itu kita mendapatkan sebuah data yang akurat dan berkualitas.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya canangkan Sensus Pertanian Tahun 2023.

Terima kasih,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru