Pendaftaran Ditutup 18 September, Kemdikbud Buka Lowongan 4.000 Lebih CPNS

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 7 September 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 102.948 Kali

kemdikbudKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemdikbud untuk mengisi 4.000 formasi lebih.

Sekjen Kemdikbud Ainun Na’im dalam pengumumannya tertanggal 3 September menyebutkan, rincian  formasi yang tersedia untuk penerimaan CPNS tahun anggaran 2014 ini adalah: a. 3.992 formasi untuk kelompok jabatan dosen pada 108 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri;  b. 169 formasi kelompok jabatan paramedis pada 10 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri; c.  719 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 55 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri; d.   659 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja di lingkungan unit utama Kemdikbud dan 71 unit kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT); e.  130 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja Kopertis; dan f.  260 formasi dosen dipekerjakan (dpk) pada 14 unit kerja Kopertis.

“Informasi mengenai unit kerja dan rincian formasinya dapat dilihat pada alamat websitehttp://cpns.kemdikbud.go.id atau website unit kerja masing-masing,” kata Ainun Na’im.

Sekjen Kemdikbud itu menyebutkan, para pelamar yang berminat harus melakukan pendaftaran melalui CPNS Online di portal nasional:  4 September – 18  September 2014. Setelah itu, peserta harus melakukan pendaftaran melalui CPNS Online di portal kemdikbud:  5 September s.d. 19 September 2014.

“Khusus untuk formasi di lingkungan unit utama Kemdikbud, pelamar dapat mendaftar maksimal 3 (tiga) lowongan formasi, dengan ketentuan,” ujar Ainun.

Persyaratan

Persyaratan umum yang harus dipenuhi peserta di antaranya adalah: a. Warga Negara Indonesia (WNI); b. Berusia antara 18 (delapan belas) tahun dan 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2014. Bagi pelamar yang berusia 35 tahun dan kurang dari 40 tahun per tanggal yang ditetapkan oleh Panselnas,  harus memiliki masa kerja terus menerus sejak 1 April 1997, pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional; c. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara untuk persyaratan khusus atau persyaratan lain yang berkaitan dengan penerimaan CPNS ini, menurut Ainun, dapat dilihat pada masing-masing unit kerja Perguruan Tinggi Negeri, Kopertis, dan Unit Utama Pusat serta Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Para peminat yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan pada 25 September 2014. Adapun elaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD): dimulai 29 September 2014, disesuaikan dengan jumlah peserta. Sementara  pelaksaaan Tes Kompetensi Bidang (TKB) akan menyesuaikan jadwal unit kerja masing-masing.

“Pengumuman Final kelulusan seleksi CPNS: minggu ke III bulan Desember 2014,” jelas Ainun seraya menambahkan, pengumuman akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di http://cpns.kemdikbud.go.id dan http://kemdikbud.go.id, dan website unit kerja masing-masing.

Sekje Kemdikbud itu menegaskan, panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id(Humas Kemdikbud/ES)

Berita Terbaru