Pengantar Presiden Joko Widodo Pada Rapat Terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Program Prioritas di Provinsi Maluku Utara, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 28 Februari 2017
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 9.607 Kali

Logo-Pidato2Assalamualaikum Warohmatullahiwabarokatuh

Selamat siang,

Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Rapat Terbatas rapat siang hari ini akan dibahas mengenai evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) dan program prioritas di Maluku Utara, di Provinsi Maluku Utara.

Selamat datang Pak Gub.

Sebelumnya saya ingin menekankan lagi yang sudah pernah saya sampaikan dalam beberapa kesempatan bahwa setiap daerah, setiap provinsi harus fokus untuk mengembangkan apa yang menjadi unggulannya di daerah itu.

Sudah sering saya contohkan, misalnya Sunny Lands di California. Pemerintahnya hanya fokus pada destinasi wisata golf dan mereka adalah sebuah destinasi yang terbaik di dunia. Kalau tidak salah kota itu memiliki 34 padang golf. Ya, hanya itu dikembangkan secara fokus, infrastukturnya juga arahnya semuanya kesana dan ternyata mereka bisa hidup dari destinasi wisata golf yang terbaik di dunia.

Kita ingin semua provinsi juga sama, memiliki sebuah unggulan sehingga memilik daya saing dalam berkompetisi di tingkat regional maupun global.

Sebagai provinsi kepulauan, saya melihat Maluku Utara memiliki potensi sektor ungggulan yang bisa  dioptimalkan lagi, baik kelautan, perikanan, maupun industri pengolahan  serta sektor swasta. Dan kalau kita lihat di 2016 pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara berjalan baik yaitu 5.7 (persen). Saya kita diatas rata-rata nasional dan ini sebuah pertumbuhan yang baik.

Oleh sebab itu pada siang hari ini kita ingin lebih detil dibahas dengan Menteri mengenai apa yang bisa kita bantu agar Maluku Utara bisa bergerak lebih baik lagi.

Yang selanjutnya mengenai pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Moritai. Ini saya kira dukungan infrastuktur baik pelabuhan, pembangkit listrik, gudang penyimpanan logistik serta cold storage ini diperlukan dan juga pendidikan dan pelatihan vokasional sehingga kita bisa memperoleh SDM yang lebih berkualitas dan berkarakter.

Saya kira itu sebagai pengantar yang bisa sampaikan.

Terima kasih. Silakan Pak Gubernur menyampaikan.

(Humas Setkab)

 

 

 

Transkrip Pidato Terbaru