Pengantar Presiden Joko Widodo Rapat Terbatas Masalah El Nino, Di Kantor Presiden, Jakarta, 6 Agustus 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 Agustus 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 12.898 Kali

Logo PidatoAssalamualaikum wr.wb.

31 Juli yang lalu kita telah membahas mengenai dampak dari El Nino, baik terhadap kekeringan, terhadap produksi beras kita, dan juga yang berhubungan dengan kebakaran. Seperti yang saya sampaikan minggu lalu, dampak ini harus diantisipasi, baik di bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan. Dan yang paling penting juga masalah yang terkait dengan sawah, ladang yang kemungkinan gagal panen akibat kekeringan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, pertama saya minta laporan dari Menteri Pertanian mengenai sawah, ladang yang kira-kira gagal panen akibat kekeringan.

Tetapi, dari kunjungan minggu kemarin saya ke Jawa Timur, dilaporkan oleh gubernur bahwa dampak El Nino ini tidak ada. Mereka menyampaikan dapat dikatakan sangat kecil sekali, karena sebentar lagi mereka juga akan memasuki pada bulan-bulan September yang juga nantinya cukup besar.

Dan pada saat saya ke Sulawesi Selatan, juga disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan bahwa produksi beras di sana juga tidak ada masalah, karena sebentar lagi, bulan September yang akan datang juga akan ada panen raya yang cukup besar.

Inilah di lapangan yang saya tahu, tetapi mungkin di daerah-daerah yang lain Menteri Pertanian bisa menyampaikan.

Saya persilahkan.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru