Pengantar Presiden pada Rapat Terbatas mengenai Holding Company di Kantor Presiden, Jakarta, 29 februari 2016

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 Februari 2016
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 6.848 Kali

Logo-Pidato2Bismillahirahmanirrahim. Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh.

Saya ingin mendorong BUMN mengambil peran lebih banyak sebagai lokomotif penggerak perekonomian nasional, dan kita juga ingin BUMN tidak hanya berpikiran untung dan rugi tapi juga mempunyai multiplier effect yang banyak terhadap kesejahteraan rakyat. Kita juga ingin BUMN kita tidak hanya  jago kandang tapi juga berani menyerang ke negara- negara yang lain dalam rangka mengembangkan kekuatan ekonomi  nasional kita.

Oleh sebab itu, enam bulan yang lalu saya minta peta jalan road map yang jelas untuk mewujudkan sebuah BUMN kita yang kuat yang lincah dan berani bersaing dalam menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif. Saya meminta desain sebuah peta jalan untuk trayek dalam bentuk sebuah superholding atau holding atau dimulai dulu dengan virtual holding tapi ini memang harus  segera diputuskan agar kekuatan BUMN dan kelincahan itu betul-betul bisa segera dilakukan terutama dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN dengan langkah-langkah restrukturisasi kemudian fokus ke bisnisnya apa, kemudian kalau perlu juga dilakukan rightsizing organisasi  maupun  perubahan-perubahan total dalam budaya kerja keseharian di BUMN.

Dengan langkah- langkah itu saya yakin BUMN kita akan mempunyai competitiveness, mempunyai daya saing yang kuat terhadap  kompetisi global  utamanya sementara ini saya rasa dalam masyarakat ekonomi ASEAN.
Saya kira itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. saya persilakan menteri BUMN untuk menyampaikan.

Transkrip Pidato Terbaru