Peninjauan Arena Student Athletics Championship Indonesia, di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Provinsi DKI Jakarta, 13 Januari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 13 Januari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 196 Kali

Wartawan
Yang di stadion tadi progresnya bagaimana dan siapnya kapan itu, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Apanya? Yang mana?

Wartawan
Yang stadion indoor tadi, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Oh, yang Indoor Multifunction Stadium?

Wartawan
Ya.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Saya sudah sampaikan untuk dipercepat penyelesaiannya, karena akan kita pakai untuk nanti FIBA. Jadi, kita patut berbangga bahwa di negara kita sekarang ini ada arena tertutup dengan kapasitas yang 16.250. Selain bisa dipakai untuk basket, juga dipakai untuk futsal, bisa dipakai untuk badminton, bisa dipakai untuk voli, dan pertunjukan musik, konser musik, kemudian seni pertunjukan yang lainnya. Saya kira itu sebuah capaian yang akan sangat memberikan dukungan kepada, baik olahraga maupun seni pertunjukan, ya.

Wartawan
Pak Jokowi, harapannya sendiri yang FIBA 2023, harapannya seperti apa Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Nanti Pak Erick, tanyakan.

Wartawan
Terkait perlombaan lari hari ini, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, ini, ini, ini saya sangat senang sekali. Apa yang dilakukan oleh PASI ini pembinaan dari bawah, pembinaan dari sekolah-sekolah, pembinaan dari madrasah-madrasah yang kompetisinya ada di daerah-daerah. Dari situlah nanti penjaringan bibit-bibit itu akan kelihatan. Mana yang bagus ini? Oh, Banyuwangi. Oh, Jawa Timur. Oh, Sumatra Utara. Mana? Tinggal ambil PASI, yang bagus-bagus dibina secara khusus di PASI.

Tapi kompetisi di tingkat bawah seperti ini sangat basic, karena kita tahu atletik itu adalah ibunya olahraga. Sepak bola tanpa sebuah speed/kecepatan lari, kalah. Futsal juga perlu atletik. Lompat jauh juga perlu atletik. Semuanya basic-nya ada di sini. Sehingga ini saya sangat mengapresiasi, menghargai apa yang telah dilakukan oleh PASI, pembinaan dari bawah, pembinaan dari daerah, pembinaan dari sekolah, pembinaan dari madrasah, bagus sekali.

Wartawan
Bapak melihat semangat anak-anak hari ini bagaimana, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, senang lah. Semua ikut, semua memberikan support teman-temannya. Ini saya kira, tidak hanya mestinya tidak hanya di PASI saja. Bisa dilakukan di seluruh cabang olahraga dimulai dari tingkat yang paling bawah, entah tingkat kampung, entah tingkat kecamatan, entah tingkat desa, semuanya, sehingga ada pembinaan.

Keterangan Pers Terbaru