Peninjauan Gudang Bulog Purwasari di Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, 14 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 15 September 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 755 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo pada Peninjauan Gudang Bulog Purwasari, 14 September 2023

Ya ini melanjutkan, melanjutkan, melanjutkan bantuan pangan dalam bentuk beras yang akan diberikan di September, Oktober, November, 10 kilo[gram], 10 kilo[gram], 10 kilo[gram]. Kita berikan kepada 21,3 juta keluarga penerima. Sehingga, setiap bulan akan keluar dari gudang Bulog kira-kira 210 ribu ton untuk masyarakat karena jumlahnya 21,3 juta keluarga penerima. Ya, sudah.

Wartawan
Untuk harga-harga bahan pokok di pasar seperti apa, Pak?

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Tadi kita cek semuanya baik. Hanya satu, beras yang belum turun. Tapi saya sudah sampaikan tadi pada…

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Telur turun, Pak. Telur saja turun, Pak.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Telur turun. Telur yang biasanya di atas Rp30 (ribu), tadi Rp26 (ribu), turun. Dan, saya sudah perintah kepada KaBulog untuk mengoperasi pasar tidak hanya di retail, tidak hanya di grosir, Cipinang, semuanya, minta berapa pun beri, tapi bayar.

Wartawan
Hal lain tadi, yang di pabrik baterai terbesar tadi, Pak. Apakah akan mengundang investor lain, Pak?

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Ya tadi yang PT HLI Green Power itu nanti mulai awal tahun akan sudah memproduksi 30 juta baterai sel, yang itu akan bisa digunakan untuk memproduksi kurang lebih 180 ribu mobil. Itu terbesar di Asia Tenggara. Pertama di Asia Tenggara dan terbesar di Asia Tenggara, saat ini. Setelah ini, nanti yang kedua CATL [Contemporary Amperex Technology Co. Limited]. Setelah CATL, ada lagi yang ketiga, yang keempat. Itulah yang sering saya katakan, membangun ekosistem besar EV, membangun ekosistem besar EV baterai, membangun ekosistem besar kendaraan listrik sehingga kita bisa masuk ke global supply chains, rantai pasok global bisa kita masuki. Di situlah nantinya ketergantungan negara lain terhadap baterai sel kita, ketergantungan negara lain terhadap EV baterai kita di situ. Ya, itu saja.

Wartawan
Satu lagi, Pak. Pak, yang Proyek Strategis Nasional kereta semi cepat Jakarta-Surabaya apakah akan dilanjutkan, apa akan diundur?

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Semua masih dalam studi. Kalau feasible, kerjakan. Tidak feasible, tidak dikerjakan.

Keterangan Pers Terbaru