Peninjauan Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 24 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 24 Februari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 5.461 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peninjauan Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara (IKN), 24 Februari 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini adalah training center untuk PSSI untuk sepak bola untuk Timnas. Ada delapan lapangan bola nanti di sini. Dah. Tanyakan ke ketua sama exco.

Ketua PSSI (Erick Thohir)
Terima kasih Pak Presiden. Ini kami bersama exco sebuah kehormatan yang luar biasa Bapak sudah memutuskan pembangunan training center di tengah kota dan ini merupakan sesuatu yang kami pastikan akan selesai segera Pak, karena dana dari FIFA sudah disiapkan tinggal proses tanahnya, jadi insyaallah kita bangun segera Pak untuk ini. Kalau berkenan nanti kita juga bawa coach Shin Tae-yong kesini langsung menengok Pak ini titiknya Pak.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Jadi ini segera untuk training center sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak ada, tidak lebih dari satu tahun. Dan ini akan dibiayai oleh FIFA, menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN Nusantara ini ada.

Dan sesuai dengan, sesuai dengan perintah saya kepada Menteri PU untuk mengaudit stadion sepak bola kita, ada 22 stadion dengan kapasitas kurang lebih 20 ribu penonton dengan risiko tinggi, selama Liga 1 dan Liga 2 dan juga untuk Piala Dunia U20 tahun 2023. Dari hasil audit dan evaluasi dinyatakan oleh Kementerian PU lima stadion rusak berat, empat stadion perlu direhabilitasi, dan satu stadion harus dibongkar, kemudian tigabelas stadion rusak sedang, perlu direnovasi, dan empat stadion rusak ringan, perlu direnovasi ringan. Dan khusus untuk Stadion Kanjuruhan ini baru dalam proses redesain untuk rehabilitasi totalnya. Saya rasa itu.

Wartawan
Pak izin bertanya lagi Pak, terkait pembangunan IKN secara keseluruhan setelah kemarin meninjau beberapa proyek apakah sudah sesuai dengan rencana yang diharapkan Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya perencanaan sudah ada kan. Perencanaan sudah ada, desain sudah ada, jadi ini sudah masuk ke tahapan pelaksanaan. Hanya selalu saya sampaikan karena memang konsepnya adalah konsep lingkungan semuanya harus hati-hati mengenai itu.

Wartawan
Terkait semalam bermalam lagi di IKN bagaimana Pak rasanya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tidur. Ya udaranya tadi malam bagus. Dingin.

Keterangan Pers Terbaru