Peninjauan Kawasan Mount Ainslie, 9 Februari 2020, di Mount Ainslie, Canberra, Australia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Februari 2020
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 116 Kali

Wartawan
Pak Jokowi, hari ini melihat Mount Ainslie ini apa ini Pak tujuannya untuk datang ke sini kemudian setelah melihat bagaimana ini, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, saya banyak bertanya tadi pagi ke Gubernur Jenderal, kemudian juga bertanya juga ke Perdana Menteri Scott Morrison, kemudian sekarang juga banyak bertanya ke Bu Sally Barnes CEO-nya National Capital Authority di sini. Jadi kita ingin mendapatkan sebuah bayangan seperti apa sebetulnya kota Canberra, bagaimana dikelola, kemudian dimulainya seperti apa.

Jadi ini dibangun di tahun 1913, sampai sekarang penduduk 400 ribu (jiwa). Dan saya kira kalau kita lihat tadi tata kotanya sangat bagus sekali dan… Ya yang baik-baik akan kita ambil untuk pembangunan ibu kota baru, baik manajemennya, baik tata kotanya. Saya kira kalau kita lihat tadi di gedung-gedung pemerintah tidak ada yang tingginya lebih dari 7 lantai tapi di sisi yang lain juga ada yang sisi jauh dari area pemerintahan diperbolehkan untuk gedung tinggi-tinggi. Saya kira itu juga sangat bagus.

Wartawan
Pak, masih ada anggapan masyarakat ini jadi atau tidak kita mau pindah ibu kota. Jadi perlu penegasan saja Pak bahwa kita 2024 akan start mulai…

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Gimana sih? Sudah dimulai, sudah dimulai. Lomba desainnya sudah dimulai tahun yang lalu, kemudian study-nya juga sudah dimulai 5 tahun yang lalu, dan sudah kita memutuskan, sekarang tinggal menunggu undang-undang dari DPR. Kalau undang-undangnya jadi langsung kita akan lakukan land clearing kemudian pembangunan infrastruktur dasar. Saya kira itu yang segera kita lakukan.

Wartawan
Apakah ada teknologi yang pasti akan dibawa ke ibu kota baru dari pengalaman di Canberra ini, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Apa? Belum sampai ke sana.

Wartawan
Targetnya 2024 pindah Pak, ya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Apanya?

Wartawan
Target pindah?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya. Sesuai rencana seperti itu, insyaallah sudah pindah.

Wartawan
Pak, terkait kunjungan kali ini sebenarnya apa yang ingin ditargetkan pemerintah Indonesia dengan kerja sama dengan pemerintah Australia? Itu fokusnya nanti di bidang apa sih, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, ini tindak lanjut dari telah selesainya ratifikasi Indonesia-Australia CEPA (IA-CEPA) yang telah selesai kemarin, disetujui juga oleh, 3 hari yang lalu oleh DPR. Jadi ini adalah tindak lanjutnya akan ke arah mana. Lha itu besok baru kita bicarakan itu. Yang paling jelas, kita ingin keterbukaan sehingga perdagangan, investasi, pariwisata akan lebih banyak antar kedua negara, Indonesia dan Australia. Arahnya ke situ, karena ratifikasinya sudah selesai, ya.

Wartawan
Terima kasih, Pak.

Keterangan Pers Terbaru