Peninjauan Kawasan Wisata Likupang, di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, 19 januari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 19 Januari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 195 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo setelah Peninjauan Kawasan Wisata Likupang, 19 januari 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini kan sudah kita putuskan Kawasan Likupang ini sebagai kawasan wisata super prioritas dengan empat yang lainnya, sehingga saya sampaikan infrastruktur yang ada di Sulawesi Utara, baik airport-nya sudah dibenahi dan sekarang siap untuk menampung terminalnya dalam jumlah yang besar. Kemudian, dari airport menuju ke Likupang ini bisa lewat darat yang jalannya sebagian sudah diperbaiki. Saya kira kalau dibandingkan sebelumnya jauh sekali, sekarang sudah mulus. Plus, nanti yang jalur lewat laut, yang itu juga bisa mempercepat dari kota menuju ke sini kurang lebih mungkin 15-20 menit. Ini akan juga memberikan kecepatan, nanti yang turun di airport, lewat air bisa lebih lebih cepat. Sehingga betul-betul ini bisa menarik investasi, menarik investor.

Dan, kita harapkan seperti Marriot [hotel] bintang 5 ini tidak hanya satu, tetapi nanti juga yang lain-lain bintang empat, bintang tiga atau yang resort, semuanya ada di kawasan Likupang ini. Dan, kalau suasananya seperti ini saya kira akan banyak lagi turis entah dari Eropa, dari Asia, dari Tiongkok, dari Jepang, dari Korea. Saya kira ini sebuah kawasan yang menarik selain Bali, selain Labuan Bajo, dan yang lain-lainnya.

Dan, kita harapkan ini segera selesai. Tadi disampaikan oleh beliau, selesai pertengahan tahun tapi operasional mungkin akhir tahun ini. Cepat

Wartawan
Bagaimana optimisme Pak Presiden untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata, Pak, karena sebelumnya kita sempat lesu karena diterpa pandemi COVID-19?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Semua negara, semua tujuan wisata, semua destinasi wisata mengalami hal yang sama. Tetapi recovery, pemulihan di Indonesia jauh lebih cepat. Sekarang Bali sudah full wisatawan, meskipun belum seperti pra pandemi tapi sudah lebih di atas 60-70 persen, di tempat-tempat lain juga sama.  Kita harapkan akan kembali secepatnya normal, sehingga semua destinasi wisata kita bisa pulih kembali pada posisi sebelum atau lebih meningkat dari sebelum pandemi ya.

Wartawan
Mungkin Pak Presiden, izin. Barangkali untuk skop Sulawesi Utara, menurut Pak Presiden sendiri, apa yang perlu dikuatkan untuk pemulihan ekonomi dan juga sektor pariwisata ini?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara sangat bagus, di atas 6 [persen], melebihi rata-rata nasional, bagus. Ini hanya kembali, hanya kembali dibuka lagi. Misalnya, Pak Gubernur menyampaikan turis dari Tiongkok, dari China sudah mulai Februari dibuka lagi. Ada tiga atau empat pesawat yang akan kembali datang mulai awal Februari dan ini kan yang dari Singapura sudah. Saya kira ini akan normal kembali. Jadi artinya Sulawesi Utara didukung dari sisi pertanian, didukung pariwisata itu akan sangat bagus.

Wartawan
Terima kasih Bapak Presiden.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Sama-sama.

Keterangan Pers Terbaru