Peninjauan Kesiapan Penyelenggaraan KTT ASEAN, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  7 Mei 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 7 Mei 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 833 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo setelah Peninjauan Kesiapan Penyelenggaraan KTT ASEAN, di Labuan Bajo, 7 Mei 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tinggal dua hari lagi, sudah siap, semuanya sudah siap. Insyaallah, sudah siap semuanya. Semua sudah. Terakhir itu kita sudah, habis Lebaran sudah kita cek, semua sudah siap. Sekarang ini tinggal pelaksanaan, sudah.

Wartawan
(Rekaman tidak terdengar jelas)
Apa yang akan dibahas dalam agenda KTT ASEAN?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya prinsip, prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapa pun. Dan, kita tidak ingin ASEAN menjadi proksi siapa pun, proksi negara mana pun. Karena yang kita inginkan ASEAN adalah terbuka, kerja sama dengan siapa pun, dengan negara mana pun. Sehingga penyelesaian setiap masalah yang ada di ASEAN ialah  prinsip dialog ini sangat penting sekali, utamanya di dalam masalah Myanmar.

Wartawan
Tentang Myanmar itu akan dibahas juga dalam KTT?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya, iya Itu secara khusus akan dibahas. Tetapi, acuan kita tetap untuk Myanmar. Acuan kita tetap five-point consensus, tetap jadi acuan, tetapi itu harus dengan dialog, karena menurut saya sanksi itu bukan sebuah solusi.

Wartawan
…Myanmar… (Rekaman tidak terdengar jelas)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya, itu kan konsensus kita. Itu sudah pada KTT ASEAN yang lalu, memang seperti itu. Tetapi,  kita ingin konflik di Myanmar segera diselesaikan. Yang pertama, kekerasan harus dihentikan, segera dihentikan. Yang kedua, bantuan kemanusiaan harus sampai ke rakyat di Myanmar. Yang ketiga, dialog, itu yang penting. Yang ingin kita yang aktif tidak hanya di sini, tetapi juga di Myanmar sendiri juga harus aktif untuk berperan dalam dialog-dialog yang kita lakukan.

Wartawan
Kabarnya Bapak akan berkantor di Labuan Bajo?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Kan pelaksanaan KTT-nya di sini. Konsentrasi, konsentrasi, konsentrasi di ASEAN Summit-nya. Semua kementerian dan lembaga konsentrasi di ASEAN Summit.

Wartawan
Akan melibatkan masyarakat… (Rekaman tidak terdengar jelas)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, saya kira semuanya terlibat karena memang, baik di dalam penyambutan, baik dalam penyiapan KTT, baik dalam penyiapan homestay-nya, semuanya, hotelnya, semuanya terlibat. Makanya, tidak cukup. Kamarnya tidak cukup. Homestay sepaket, kemudian kita juga nyiapin kapal juga disiapin. Tapi ini adalah momentum yang sangat baik, kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk me-marketing-i Labuan Bajo sehingga semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Wartawan
… (Rekaman tidak terdengar jelas)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya tadi kan sudah saya sampaikan, memang kamarnya tidak mencukupi. Ya.

Keterangan Pers Terbaru