Peninjauan Lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan, 17 September 2019, di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 September 2019
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 127 Kali

Wartawan
Setelah hasil tinjauan ini ke depan langkah-langkahnya apa Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya seperti tadi saya sampaikan bahwa pencegahan itu akan lebih efektif. Pencegahan itu tidak membutuhkan biaya banyak, lebih efektif. Tapi kalau sudah kejadian seperti yang kita lihat sekarang ini, ini sudah kerja yang luar biasa. Saya tanya tadi kan TNI/Polri yang ada di sini sudah berapa hari, sudah lebih dari satu bulan, lebih dari satu bulan. Kalau sudah kejadian, sulit memadamkannya apalagi di daerah gambut seperti sekarang, lebih sulit lagi. Kelihatan sudah padam bawahnya masih apinya menganga.

Yang kedua, tindakan hukum juga sudah dilakukan, untuk yang di sini sudah, sudah ditangani langsung oleh Polri maupun KLH. Nanti kita lihat sebetulnya ini kesengajaan yang terorganisasi atau memang rakyat yang ingin berkebun. Kalau kita lihat luasannya besar sekali, ini terorganisasi. Nanti Polri lah, coba ditanyakan ke Pak Kapolri penanganannya secara detail.

Tapi sekali lagi perlu kita ingatkan agar pencegahan oleh desa, oleh camat, oleh bupati, oleh babinsa, oleh babinkamtibmas, polsek, koramil itu adalah yang pertama harus dikerjakan, pencegahan. Kalau sudah kejadian sulit, lapangannya sulit. Ini termasuk masih mudah, banyak lapangan-lapangan yang lebih sulit dari ini.

Keterangan Pers Terbaru