Peninjauan LRT Jabodebek, 9 Juni 2021, di Stasiun Harjamukti, Cibubur dan Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pinang Ranti, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Juni 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 83 Kali

Pagi hari ini saya berkunjung untuk melihat progres perkembangan pembangunan LRT [Lintas Rel Terpadu] Jabodebek. Sudah selesai kurang lebih 84,7 persen progres pembangunannya dan kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai uji coba, dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022.

Kenapa LRT ini kita bangun? Kita ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi. MRT, LRT, kereta bandara, Bus Transjakarta, semuanya terintegrasi, sehingga terjadi efisiensi dalam orang bepergian dari satu titik ke titik yang lain. Kita harapkan setelah ini selesai, kita akan masuk pada titik-titik yang lain.

Tetapi tadi saya sudah mencoba LRT yang ini 100 persen dikerjakan oleh PT INKA (Industri Kereta Api) yang nanti akan dioperasikan oleh PT KAI. Jadi semuanya dikerjakan di Indonesia, termasuk juga pembangunan konstruksinya oleh PT Adhi karya.

Saya kira pengalaman dalam pembangunan seperti ini juga yang kita butuhkan, sehingga kita memiliki pengalaman membangun konstruksi LRT, pengalaman membangun keretanya oleh PT INKA, yang ini nanti akan menjadi sebuah fondasi apabila kita membangun LRT, membangun kereta untuk negara-negara lain. Sekarang kan kita juga ekspor kereta ke Bangladesh, ke Filipina, dan kita harapkan LRT juga akan seperti itu.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Tadi kita mencoba keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik, dapat dikatakan tanpa suara, nyaman sekali.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan.
Terima kasih.

Sambutan Terbaru