Peninjauan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023 di JIExpo Convention Center and Theater, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, 16 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 16 Februari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 639 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo pada Peninjauan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023 di JIExpo Convention Center and Theater, 16 Februari 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Yang pertama, yang pertama, saya senang bahwa di tahun 2022, mobil yang terjual itu mencapai 1,041 juta, naik 18 persen. Yang kedua, juga kendaraan sepeda motor, itu juga penjualannya mencapai 5,2 juta motor. Baik dari sisi ekonomi, tetapi juga ada problem di sisi kemacetan. Oleh sebab itu, industri otomotif kita akan terus kita dorong untuk masuk ke pasar-pasar ekspor. Ke pasar-pasar ekspor agar nilai tambahnya juga lebih, devisa juga bisa masuk. Dan, terus akan kita dorong ekosistem besar dari hulu sampai hilir untuk mobil listrik, terus akan kita dorong disambungkan dengan pembangunan industri-industri yang berkaitan dengan EV battery. Ini yang akan kita lakukan terus. Sudah?

Wartawan
Soal insentif kendaraan listrik itu bagaimana, Pak? Insentif kendaraan listrik, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Insentif [kendaraan listrik] masih dihitung terus oleh Kementerian Keuangan; berapa yang pertama untuk mobilnya, berapa yang untuk motornya. Tapi, tentu saja yang didahulukan akan yang motornya terlebih dahulu. Wong tadi yang mobil-mobil listrik saya tanya, mengantrenya ada yang setahun.

Wartawan
Sudah banyak ya, Pak, ya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Mengantrenya sudah ada yang dua bulan, mengantrenya ada yang enam bulan. Inden, apalagi diberi insentif. Tapi, tetap dalam perhitungan dan kalkulasi nanti, ya.

Wartawan
Pak Jokowi, soal KLB PSSI, Pak. KLB PSSI harapannya seperti apa, Pak, soal KLB PSSI? Harapan terhadap KLB PSSI?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Pemerintah tidak ikut-ikutan di sana sesuai dengan statuta. Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi, yang kita harapkan terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita, ya. Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup dan bisa paling tidak ASEAN bisa step pertama bisa kita pegang, kemudian Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan dari pemerintah itu saja.

Wartawan
Pak bagaimana mengatasi utang baru terkait kereta cepat. Bagaimana tanggapan pemerintah dan apakah Bapak khawatir?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Apa?

Wartawan
Utang baru untuk proyek kereta cepat, bagaimana tanggapan Bapak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Kita ini harus pro kepada transportasi massal. Hati-hati, jangan pro pada kendaraan pribadi. Meskipun ini ada di IIMS, pro kepada kendaraan transportasi massal. Sehingga yang namanya MRT, LRT, kereta api, kereta api cepat, itu menjadi sebuah keharusan bagi kota-kota besar untuk agar moda transportasi itu terintegrasi di dalam kota maupun dari kota ke kota, sehingga orang tidak cenderung kepada yang namanya mobil pribadi.

Wartawan
Pak, soal Ferdy Sambo? Soal pertemuan dengan Pak Prabowo? Soal sidang Sambo?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Sekali bertanya kok 20, yang dijawab yang mana? Sudah, enggak usah dijawab semua.

Keterangan Pers Terbaru