Peninjauan Pasar Wonokromo di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, 18 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 19 Februari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 669 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peninjauan Pasar Wonokromo, 18 Februari 2023

Ini yang pertama, saya ingin mengecek barang yang sangat penting, yang namanya beras. Apakah operasi dari Bulog sudah sampai ke warung, pasar-pasar, saya lihat sudah dan harganya baik, tadi Rp44 ribu untuk 5 kilo[gram]. Artinya, harga di bawah Rp9 ribu. Semua, tadi semua warung semua ada semuanya dan melimpah di sini.

Yang kedua, yang sangat penting yang sering naik turun minyak, Minyakita. Saya lihat stok ada. Meskipun tidak melimpah, tapi stok ada dan harga masih di angka Rp14 ribu. Saya lihat juga yang ketiga, telur turun. Meskipun hanya seribu [rupiah], tapi turun. Bawang merah juga turun.

Stabilitas harga seperti ini yang kita inginkan, sehingga jangan sampai nanti kayak beras bulan yang lalu mengerek inflasi yang sangat tinggi di seluruh tanah air, bukan hanya di Jawa Timur saja. Tapi sekarang, sejak lima hari yang lalu karena operasi beras dari Bulog, sudah mulai turun. Meskipun belum semua daerah, tapi di sini sudah.

Terus, terus tapi ini akan disusul oleh panen di akhir Februari, awal Maret, sudah mulai panen. Mungkin secara nasional di Februari nanti satu jutaan [hektare], nanti di bulan Maret 1,9 [juta hektare] kira-kira segitu. Sehingga kalau produksi dari petani, dari panen ada, artinya apa? Stoknya melimpah. Kalau stok melimpah, permintaan tetap, artinya harga secara otomatis akan turun.

Keterangan Pers Terbaru