Peninjauan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, 11 April 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 11 April 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 717 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peninjauan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, 11 April 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jadi, mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik pada tahun yang lalu, utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan desain perencanaan itu betul-betul sudah dalam posisi yang siap.

Kita ingat tahun lalu di Cikuasa Atas [dan] Cikuasa Bawah ada masalah, kemudian juga kapasitas untuk kapalnya kurang. Tapi pada Lebaran tahun ini, arus mudik tahun ini, kita harapkan semuanya itu sudah tidak terjadi lagi. Tapi, juga hati-hati.

Ini saya ingatkan semuanya yang ingin mudik, hati-hati ada lompatan yang besar, jumlah masyarakat yang mudik, dari 86 juta dari survei ini, ke 123 juta. Artinya, ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini yang semuanya harus dihitung, dikalkulasi. Sehingga, tadi saya menanyakan secara detail karena tidak ingin kejadian tahun yang lalu terjadi pada tahun ini.

Sudah ada penambahan pelabuhan dermaga, yaitu di Pelabuhan BBJ dan Pelabuhan Ciwandan. Ini bagus. Sehingga, kapasitas penumpang bergerak dari 34 ribu melompat menjadi 49 ribu, ini bagus. Kemudian, manajemen di lapangannya diatur. Pelabuhan yang khusus untuk sepeda motor, pelabuhan yang khusus untuk mobil dan kendaraan kecil dan bus, pelabuhan yang khusus untuk kendaraan berat sudah dipisah-pisah. Ini juga sangat bagus.

Dan, saya harapkan seluruh penumpang yang ingin naik di [Pelabuhan] Merak sudah memesan tiket lewat e-ticketing. Karena tahun yang lalu, ini sangat mengganggu yang tidak pegang tiket. Semuanya harus pegang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan.

Dan juga yang kedua, untuk tol. Tahun yang lalu problem, karena rest area. Ini juga tadi dilaporkan sudah bertambah rest area-nya, sehingga tidak mengganggu jalur utamanya. Sudah.

Wartawan
Pak, … (audio tidak terdengar).

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Nanti, nanti yang teknis seperti itu nanti Pak Menteri Perhubungan, ya.

Wartawan
Pak, banyak pemudik yang mengkhawatirkan kerawanan di Sumatra Pak, kalau keamanan. Ini akhirnya terjadi kepadatan di malam hari, sedangkan siang hari selalu kosong di Pelabuhan Merak, Pak. Mungkin ada atensi sendiri dari …

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Pak Kapolri nanti akan menjelaskan. Tapi yang jelas keamanan, aparat keamanan akan ditambah untuk daerah-daerah yang rawan. Nanti dijelaskan secara rinci oleh Kapolri.

Wartawan
Pak, yang lain. Terkait kemarin Pak Mahfud bilang ada … (audio tidak terdengar)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini urusan arus mudik. Kita ini konsentrasi ke arus mudik dulu, semuanya. Karena lompatan dari 86 juta ke 123 juta, hati-hati. Ya.

Wartawan
Pak, apakah akan ada diskon harga tiket penyebrangan gitu, Pak? Kalo misalkan, ada pemudik yang berangkat lebih awal?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Nanti dijawab oleh Bu Dirut.

Wartawan
Pak, tadi sempat berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Cilegon, untuk kondisi pangannya sendiri secara umum Cilegon bagaimana?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Saya muter sudah di banyak provinsi. Jadi kalau melihat harga-harga stabil, dan kemarin di Boyolali justru bawang merah, bawang putih, beras, telur, turun semuanya.

Wartawan
Pak, antisipasi kejadian Brexit seperti apa? Dulu kan sampai ada yang meninggal untuk Cikampek ke sana kan …

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Nanti akan disiapkan SAR-nya, SAR akan disiapkan, semuanya. Ini saya kira, saya melihat desain perencanaannya lebih baik. Jadi jangan mengandai-andai, tapi semuanya sudah diantisipasi. Terima kasih

Keterangan Pers Terbaru