Peninjauan Pelaksanaan Uji Klinis Tahap III Vaksin COVID-19, 11 Agustus 2020, di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Agustus 2020
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 117 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari ini saya hadir di Fakultas Kedokteran UNPAD di Bandung, Jawa Barat ini dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perdana untuk imunisasi, untuk 1.620 relawan yang akan diujicobakan. Dan kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya, insyaallah, akan diselesaikan dalam enam bulan ini, dan kita harapkan nanti di bulan…, insyaallah di bulan Januari, kita sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga…, kalau produksinya sudah siap, langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air. Produksi untuk vaksin juga dilakukan sendiri oleh Bio Farma, yang artinya vaksin inilah nanti yang akan digunakan untuk vaksinasi di Tanah Air.

Kita telah tiga bulan ini mengembangkan vaksin sendiri dari isolat yang dikembangkan dari COVID-19 yang beredar di Indonesia. Kita harapkan vaksin Merah Putih ini juga akan segera selesai dan diperkirakan ini akan bisa diselesaikan nanti di pertengahan tahun 2021. Jadi kita mengembangkan full sendiri oleh Lembaga Eijkman dan juga BPPT, LIPI, BPOM, Kemenristek, dan universitas-universitas yang kita miliki, yaitu vaksin Merah-Putih. Tetapi selain itu kita juga membuka diri untuk bekerja sama, misalnya dengan Sinovac di Tiongkok, kemudian bekerja sama dengan Uni Emirat Arab di G42, kerja sama juga dengan Korea Selatan. Saya kira kita membuka diri dalam rangka secepat-cepatnya kita bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyat di Indonesia.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Kita optimistis bahwa dengan segera ditemukannya vaksin ini, kita bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyat.
Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru