Peninjauan Pembangunan Industri Petrokimia, di PT Lotte Chemical Indonesia, Kota Cilegon, Provinsi Banten, 12 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 13 September 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 1.291 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peninjauan Pembangunan Industri Petrokimia, 12 September 2023

Presiden Republik Indonesia
Selamat pagi. Jadi, pagi hari ini kita berada di pabriknya, di industrinya Lotte Chemical. Ini, proyek ini sudah dimulai tahun 2020 dan akan selesai nanti di 2025. Progresnya sudah sangat bagus, sudah selesai 73 persen dan menyangkut investasi yang sangat besar, kira-kira Rp60-an triliun, 3,9 billion US Dollar, Rp60 Triliun.

Dan yang bekerja di sini sekarang juga sangat banyak, 13 ribu pekerja. Setelah selesai, pabrik ini akan menghasilkan ethylene, polypropylene, benzene, dan lain-lain, ada 17 produk yang dihasilkan. Yang saya senang, ini akan menjadi substitusi impor 70 persen untuk lokal dan 30 persen untuk ekspor. Dua-duanya baik, karena yang dipakai untuk di dalam negeri itu menjadi subtitusi dari barang-barang impor petrokimia yang kita lakukan. Semuanya baik. Saya kira, industri-industri seperti ini yang kita butuhkan.

Wartawan
Targetnya sendiri selesai kapan, Pak?

Presiden Republik Indonesia
Maret 2025 selesai, jadi kita cek tadi disampaikan dari Lotte, Maret 2025 sudah akan commissioning dan langsung bisa berproduksi ya.

Wartawan
Untuk pangsa pasar eksponya kemana saja ya, Pak?

Presiden Republik Indonesia
Nanti ditanyakan ke Lotte

Wartawan
Pak, untuk limbahnya sendiri apakah dimanfaatkan untuk produk lain atau dibuang, Pak?

Presiden Republik Indonesia
Ada yang dipakai untuk pembangkit listrik, kira-kira akan muncul angka 50 Megawatt, karena total yang digunakan listrik di sini kira-kira 100 Megawatt. Jadi, separuh dari listrik itu dihasilkan dari industri Lotte sendiri ya. Makasih. Makasih.

Keterangan Pers Terbaru