Peninjauan Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, 25 Oktober 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 26 Oktober 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 591 Kali

Presiden RI (Joko Widodo)
Hari ini tadi saya melakukan kunjungan kerja ke IKN (Ibu Kota Nusantara) dengan Pak Menteri PU dan juga Kepala Otorita, tetapi lewat laut. Yang saya juga melihat jaraknya justru lebih dekat kalau lewat laut, dan ini nanti yang akan dijadikan untuk pengangkutan logistik ke IKN yang sementara ini sudah berjalan di lapangan.

Saya melihat tadi selain ini, yang bendungan untuk nanti air baku di IKN, juga bangunan gedung untuk para pekerja sudah mulai disiapkan, kemudian land development untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Dan juga pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik.

Wartawan
Kalau progres secara keseluruhan, Pak, sampai sekarang?

Presiden RI (Joko Widodo)
Iya nanti bisa kita lihat di bulan Januari insyaallah, kalau bukan hanya gedung-gedungnya pemerintah tetapi private sector (sektor swasta), investor, PPP (public private partnership) sudah mulai pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan ini terus bergerak.

Wartawan
Terkait jalur laut tadi, Pak, nanti setelah dipakai untuk logistik apakah ada rencana juga akan digunakan untuk transportasi publik?

Presiden RI (Joko Widodo)
Sementara memang karena ini kita pakai dulu untuk logistik, dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik.

Wartawan
Terakhir, Pak, terkait rencana upacara 17 Agustus 2024?

Presiden RI (Joko Widodo)
Ya kalau kerjanya seperti ini, saya kira insyaallah bisa.

Wartawan
Optimistis ya, Pak?

Presiden RI (Joko Widodo)
Ya, harus optimis.

Keterangan Pers Terbaru