Peninjauan Pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, 22 September 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 September 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 511 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peninjauan Pembangunan Istana Kepresidenan, 22 September 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya kalau melihat tadi, saya lihat schedule dan target saya kira masih, masih dalam target. Dan kita harapkan nanti setelah hujan turun semua tanaman langsung ditanam semuanya, rumput mulai ditanam semuanya yang untuk upacara 17 Agustus dan yang paling banyak kita lihat adalah tanaman-tanaman endemik Kalimantan. Tapi, untuk khusus untuk dua beringin kembar ini adalah memang ini simbol-simbol keagungan.

Yang kedua, tanaman-tanaman yang berkaitan dengan bunga akan, ini semuanya akan green dan khusus untuk istana warna bunganya nanti merah dan putih. Jadi terdesain, saya melihat ini terdesain, terencana yang dilaksanakan dengan sangat detail, setelah saya cek tadi ya.

Wartawan
Untuk rencana lapangan upacara sendiri nanti di mana, Pak.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini, yang ini nih ada cover putihnya tadi di situ dan hijau di sini semuanya, bisa dipakai untuk upacara kurang lebih 8 ribu orang, itu ya kira-kira gedenya mungkin dua kali istana, kapasitasnya 8 ribu orang.

Wartawan
Tahun depan, berarti tahun depan, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya.

Wartawan
Kalau kawasan pemerintahan kan dari APBN ya, Pak…

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Enggak ada masalah, ini tanyakan ke Menteri Keuangan, enggak ada masalah. Jadi khusus untuk istana, untuk kementerian, untuk infrastruktur dasar, saya kira enggak ada masalah. Justru yang kita ingin dorong terus adalah groundbreaking sebanyak-banyaknya dari sektor swasta, dari dunia usaha, baik itu untuk university, untuk rumah sakit, untuk mal, entertainment, kemudian resto, semuanya akan kita dorong, sehingga muncul sebuah crowd, yang itu akan, keramaian itu yang akan memberikan kehidupan kepada Kota Nusantara.

Wartawan
Selanjutnya kegiatan hari ini, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya nanti akan groundbreaking lagi untuk camp-nya PSSI, training center-nya, untuk TC-nya dari PSSI yang di situ ada enam lapangan bola, enam atau delapan lapangan bola, dan kita harapkan itu akan meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia. Kemudian yang kedua rumah sakit, hari ini akan kita groundbreaking. Besok, hotel lagi.

Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru