Peninjauan Pembangunan Kawasan Lumbung Pangan (Food Estate), 27 Oktober 2020, di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 Oktober 2020
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 166 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Siang hari ini kita berada di Sumatra Utara tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Di sini sesuai dengan rencana, ini akan dikerjakan food estate. Kita memiliki dua (provinsi) yang akan kita pakai untuk memulai program lumbung pangan atau food estate, yang pertama di Provinsi Sumatra Utara, yang kedua di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kita tahu, sudah dua kali saya ke Kalimantan Tengah. Di sana akan di bangun food estate khusus untuk padi dan untuk singkong. Di sini ada luas lahan 60.000 hektare, 60.000 hektare dan yang akan ditanam, yang akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30.000 hektare. Dan letaknya di Kabupaten Humbang Hasundutan, di Kabupaten Tapanuli Utara, di Kabupaten Tapanuli Tengah, dan di Kabupaten Pakpak Bharat. Ini tersebar, tetapi ini tetap di Provinsi Sumatra Utara.

Dan yang akan ditanam di sini seperti kita lihat, ini adalah tempat dimulainya food estate di Provinsi Sumatra Utara, yaitu untuk tanaman, pertama kentang, yang kedua bawang merah, yang ketiga bawang putih. Insyaallah nanti ini sudah dimulai  penanamannya, akan kita lihat hasilnya kira-kira nanti 2 bulan sampai 2,5 bulan akan kita lihat nanti.

Saya rasa kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada, ini akan menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Keterangan Pers Terbaru