Peninjauan Persemaian Mentawir, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, 14 Maret 2022 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 14 Maret 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 271 Kali

Sore hari ini, saya bersama-sama dengan para menteri dan Gubernur Kaltim meninjau Pusat Persemaian Bibit di Mentawir di Bukit Bangkirai. Ini memang belum selesai dan nantinya dari sini akan bisa berproduksi kurang lebih 15—20 juta, jadi mungkin 6—7 bulan lagi.

Inilah yang sudah sering saya sampaikan, bahwa pembangunan IKN akan kita awali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, penanaman kembali pada area-area di IKN dan sekitarnya agar kembali pada fungsi semula, yaitu sebagai hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur, yang homogen. Jadi di sini sudah disiapkan bibit-bibit nyatuh, shorea atau meranti, kapur, kemudian belangeran, kemudian ada gaharu, nyatuh, kemudian jambu-jambuan yang untuk menarik hewan-hewan atau burung untuk masuk lagi ke IKN.

Saya kira semangat awal kita adalah seperti ini. Kita harapkan dengan penanaman kembali, habitat-habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti konsep yang sudah kita rencanakan, yaitu kota hutan.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan, jutaan bibit yang ada di sini nanti apabila sudah waktunya maka akan kita bawa ke IKN untuk ditanam di tempat-tempat, terutama yang lahan-lahan kritis yang ada di IKN. Yang kedua, untuk tanaman di sela-sela tanaman eukaliptus yang ada di sana. Sehingga saat eukaliptusnya ditebang, tanaman-tanaman ini, meranti, kapur, nyatuh, gaharu, bangkirai, jambu-jambuan semuanya sudah pada posisi yang tinggi.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan.
Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Keterangan Pers Terbaru