Peninjauan Persemaian Modern Rumpin, di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, 19 November

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 19 November 2021
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 316 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari ini saya berkunjung ke pusat persemaian (nursery center) di Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat bersama-sama para duta besar, dari Amerika Serikat, dari Kanada, dari EU (European Union), dari Inggris, dan juga Country Director dari Bank Dunia (World Bank).

Kita ingin menunjukkan bahwa Indonesia serius dalam menangani dampak dari perubahan iklim. Dan kita tunjukkan ini, nursery center ini yang bisa setahun memproduksi kurang lebih 12 juta bibit.

Tadi saya menunjukkan mengenai bibit akasia, sengon, kemudian bibit eukaliptus, kemudian ada bibit jati, ada juga bibit mahoni yang semuanya kita produksi di sini. Dan kita harapkan nanti di bulan Januari, bibit-bibit ini sudah mulai keluar untuk ditanam di tempat-tempat yang sering banjir, yang sering longsor, yang memerlukan rehabilitasi untuk lahan-lahan kritis. Kita harapkan dengan membangun pusat persemaian seperti ini, kita akan kurangi di hulunya, tadi utamanya untuk banjir selain untuk perbaikan lingkungan kita.

Kita akan membikin dalam tiga tahun ke depan kurang lebih 30 seperti ini dari pemerintah. Tetapi juga saya akan memaksa, mengharuskan semua perusahaan kelapa sawit, perusahaan pertambangan untuk juga menyiapkan nursery-nursery seperti ini, sehingga juga akan terjadi perbaikan-perbaikan di lingkungan di mana pertambangan itu ada, di mana kebun sawit itu ada.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.
Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru