Peninjauan Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata Labuan Bajo, di Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), 22 Juli 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 Juli 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 266 Kali

Wartawan
Setelah melihat penampakan kampung ini bagaimana, Pak?

Presiden RI (Joko Widodo)
Penataan Marina tidak hanya urusan penataan plaza, ada amfiteater, tapi juga penataan kampung. Penataan kampung ini diarahkan agar hunian-hunian yang ada, itu bisa juga mendapatkan manfaat dari adanya pariwisata yang ada di Labuan Bajo.

Oleh sebab itu, pemerintah pusat bersama-sama dengan pemda melakukan rehab rumah per rumah. Ada yang untuk dari rumah biasa menjadi pelaku usaha kios, kemudian dibuat homestay, sehingga pariwisata di Labuan Bajo ini betul-betul juga memiliki manfaat untuk yang kecil-kecil bukan hanya untuk yang bintang empat dan bintang lima atau bintang… tapi yang kecil-kecil itu juga bisa mendapatkan manfaat sehingga naik kesejahteraannya.

Saya lihat juga fasilitas-fasilitas untuk toilet semuanya sudah disiapkan, tetapi yang paling penting memang satu, pemeliharaan. Yang kedua, sampah juga kebersihan, ini penting. Sehingga tadi pagi saya sampaikan kepada Pak Bupati Manggarai Barat, Pak Gubernur NTT agar lapangan mengenai sampah, pemeliharaan toilet, kemudian training kepada pelaku-pelaku wisata homestay itu terus dilakukan. Karena ini yang diperlukan adalah ke sana. Mumpung ini belum menjadi sebuah perkembangan yang besar, sehingga awal-awal kita dahului dengan penataan kawasan, penataan hunian seperti ini.

Wartawan
Terus setelah di kampung ini, Pak, ada rencana untuk mengembangkan konsep seperti ini di kampung lain?

Presiden RI (Joko Widodo)
Ini kan sudah, ini kan sudah ada di beberapa tempat. Terakhir di Mandalika juga kita buat seperti ini, kemudian di Labuan Bajo kita buat seperti ini, nanti di Likupang juga akan seperti itu. Jadi semuanya, yang kecil-kecil semua dilibatkan. Di Borobudur juga, di Toba juga seperti itu, semuanya masyarakat dilibatkan. Artinya yang dapat manfaat itu bukan hanya yang gede-gede saja.

Keterangan Pers Terbaru