Penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro, 25 Agustus 2020, di Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Agustus 2020
Kategori: Sambutan
Dibaca: 188 Kali

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak Menteri BUMN, Pak Kepala Staf Kepresidenan, Pak Gubernur Provinsi Aceh,
Bapak-Ibu para pelaku usaha mikro dan kecil yang hadir, baik yang hadir di sini maupun yang hadir secara virtual.

Siang hari ini Bapak-Ibu akan menerima yang namanya Banpres Produktif. Ini diberikan oleh pemerintah karena kita tahu kondisi saat ini memang kondisi yang sangat sulit, kondisi yang tidak mudah, kondisi yang tidak gampang. Dialami oleh baik yang mikro, yang kecil, yang menengah, yang gede, semuanya memang masih berada pada posisi yang sulit karena pandemi COVID-19, karena Virus Corona. Kita mungkin insyaallah nanti akan kembali pada posisi normal setelah penduduk semuanya divaksinasi, baru. Kita memproduksi vaksin ini kira-kira bulan-bulan Desember-Januari sehingga nanti mulai divaksinnya ya bulan itu, bulan Januari. Oleh sebab itu, Bapak-Ibu sebagai pelaku usaha harus tetap bekerja keras, harus tetap semangat agar kehidupan ekonomi kita tetap pada posisi yang baik. Saya tahu omzetnya pasti turun, tahu.

Bapak usahanya apa?

Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (Penjual Kue)
Jualan kue.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Jualan kue. Omzetnya yang waktu normal berapa sehari?

Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (Penjual Kue)
Rp150 (ribu).

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Rp150.000.

Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (Penjual Kue)
Sekarang Rp50.000.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Sekarang Rp50.000. Nah, sepertiganya ada yang setengahnya ya seperti itu. Ya memang sulit dan tidak (hanya) dialami oleh Bapak-Ibu semuanya. Seluruh dunia mengalami hal yang sama, 215 negara mengalami hal yang sama karena pandemi COVID-19, ekonominya kena, kesehatannya kena, semuanya. Ini pandemi global, bukan hanya Indonesia. Oleh sebab itu, hari ini kita berikan bantuan Banpres Produktif. Sudah pegang tabungan bank semua? Sudah?

Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro
Sudah.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Sudah. Sudah dicairkan?

Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro
Sudah.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Sudah, oh sudah. Oke. Yang paling penting sudah pegang, sudah…, uangnya sudah masuk tidak ada yang dikurangi ya? Rp2,4 juta, ya, oke. Ini hari ini diberikan di lingkungan kita sebanyak 200 lebih pelaku usaha mikro, kecil, tapi nanti sampai akhir September akan diberikan kepada 12 juta pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh tanah air. Kemarin baru kita mulai 1 juta, tambah, setiap hari tambah, tambah, tambah nanti insyaallah akhir September sudah 12 juta. Dan kita harapkan dengan tambahan itu dagangannya Bapak-Ibu jumlahnya menjadi lebih banyak. Kita harapkan omzetnya ya naik, mungkin belum pada posisi normal, tetapi sudah bisa naik lagi. Saya kira posisi ini yang harus kita ketahui sampai nanti betul-betul pada posisi normal kembali.

Saya kira kalau di…, saya lihat tadi di jalan kondisinya di sini juga jauh lebih baik dibandingkan di provinsi yang lain, apalagi di Jawa. Di Jawa kan pandeminya lebih banyak dibanding di Aceh. Ini saya sampaikan ke Pak Gub agar pengendalian ini betul-betul terus ditekan agar COVID-19 bisa hilang dan tidak ada lagi di Provinsi Aceh dan di seluruh tanah air kita Indonesia.

Jangan lupa kepada Bapak-Ibu semuanya, kepada keluarga, kepada tetangga-tetangga kita untuk kemanapun masker digunakan ya, dan jaga jarak, jangan masuk ke kerumunan yang terlalu banyak dan berhimpitan. Kalau habis kegiatan segera cuci tangan. Ya itu cara-cara kita untuk menghindar dari COVID-19.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, selamat bekerja keras, selamat berusaha untuk kembali nantinya ke posisi kondisi normal kembali.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.
Terima kasih.
Saya tutup.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru