Pererat Silaturahmi, Setkab Kembali Gelar Turnamen Tenis Meja

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 November 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.498 Kali

Pembukaan Turnamen Tenis Meja Tahun 2023, di Aula Gedung 3 Kemensetneg, Jumat (17/11/2023), pagi. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Sekretariat Kabinet (Setkab) kembali menggelar turnamen tenis meja di lingkungan Setkab yang berlangsung pada tanggal 17 hingga 28 November 2023, di Aula Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Gelaran Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023 yang mengusung tema “Work Together, Play Together” ini selain untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat juga untuk mempererat silaturahmi antara para pegawai di lingkungan Setkab.

“Saya berharap event-event yang diselenggarakan oleh setiap komunitas olahraga maupun seni dan musik di lingkungan Setkab bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ajang silaturahmi di antara kita sekalian,” ujar Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab)  Fadlansyah Lubis dalam sambutannya pada pembukaan turnamen, Jumat (17/11/2023).

Waseskab menambahkan, jalinan silaturahmi yang erat antarkedeputian sangat penting untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Setkab dalam memberikan dukungan manajemen kabinet kepada presiden dan wakil presiden.

“Tidak ada kedeputian yang bisa bekerja sendiri tanpa melakukan koordinasi antarkedeputian. Jadi dimulai dari event seperti ini, kalau kita dapat tunjukkan kita bisa bersama, tidak ada kendala, tidak ada batasan, maka untuk hal apapun termasuk pekerjaan kita sehari-hari, mudah-mudahan akan berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang sebaik-baiknya,” tandasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Yuli Harsono selaku Pembina Komunitas Tenis Meja Setkab menyampaikan bahwa tema “Work Together, Play Together” sejalan dengan arahan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung agar jajaran Setkab terus bekerja bersama dan bekerja dengan bahagia.

“Kita harus bisa bekerja sama tidak saja hanya dengan tim kerja kita, tetapi juga dengan staf dan pimpinan kita, dan juga dengan mitra kementerian/lembaga. Work together. play together memberikan makna bahwa kita sebagai tim bisa bekerja sama dan juga bisa bekerja sama dengan pasangan tanding kita dalam meraih kemenangan,” kata Yuli.

Senada dengan Waseskab, Yuli pun berharap turnamen olahraga ini dapat meningkatkan silaturahmi antara pegawai di Setkab.

“Setiap pertandingan ada yang menang ada yang kalah dan itu biasa. Kalau menang rasanya manis, kalau kalah rasanya mau menangis, tapi yang penting kita harus tetap harmonis,” ucap Yuli.

Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023 adalah turnamen kedua yang diselenggarakan sejak dibentuknya Komunitas Tenis Meja Setkab di tahun 2022. Jika pada tahun sebelumnya turnamen hanya mempertandingkan kategori beregu, maka pada tahun 2023 ini juga dipertandingkan kategori perorangan. Nomor beregu mempertandingkan tujuh partai yang terdiri dari tiga ganda putra, dua ganda putri, dan dua ganda campuran. Sedangkan nomor perorangan mempertandingkan kategori tunggal putra dan tunggal putri. Setiap kedeputian mengirimkan masing-masing tiga orang pemain untuk tunggal putra dan tunggal putri.

Turnamen ini disponsori oleh Bank Mandiri, PT PLN (Persero), Kompas, BPJS Kesehatan, serta PT Aviasi Pariwisata Indonesia. Total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen ini mencapai Rp50 juta ditambah trofi.

Pada pembukaan Turnamen Tenis Meja Setkab 2023 ini juga digelar dua pertandingan ekshibisi ganda putra. Pada partai ekshibisi pertama, Waseskab Fadlansyah Lubis yang berpasangan dengan Deputi Bidang Perekonomian Satya Bakti Parikesit menghadapi Deputi Bidang PMK Yuli Harsono yang berpasangan dengan Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Purnomo Sucipto. Pertandingan dimenangkan oleh pasangan Yuli Harsono dan Purnomo Sucipto dengan skor 11-5.

Pertandingan ekshibisi kedua mempertemukan pasangan Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK) Thanon Aria Dewangga dan Kepala Biro Umum Faisal Amir Masduki dengan pasangan Asisten Deputi Bidang Hubungan Internasional Johar Arifin dan Asisten Deputi Bidang Perdagangan, Perindustrian, dan Ketenagakerjaan Agus Kurniawan. Kemenangan diraih pasangan Johar Arifin dan Agus Kurniawan dengan skor 11-6.

Hasil Pertandingan
Hari pertama Turnamen Tenis Meja Setkab 2023 mempertandingkan tiga nomor beregu, yaitu Kedeputian Bidang Perekonomian melawan Kedeputian Polhukam, Kedeputian Bidang Administrasi melawan Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), serta Kedeputian PMK melawan Kedeputian DKK. Berikut hasil dari pertandingan tersebut:

Kedeputian Bidang Perekonomian vs Kedeputian Polhukam (4-3)
Ganda Putra: Taufik/I Wayan Sulpai  vs Niamu Robby Fie Dhuha/Iyus Suhendra 0 2 (8-11, 3-11)
Ganda Putri: Nabila Amalia/RR. Intan Ratih Perwitasari vs Aulia Chandra Ayu Liana Putri/ Ida Dwi Nilasari 1-2 (7-11, 11-9, 7-11)
Ganda Campuran: Ary Maulana/Nabila Amalia vs Ikhwan Prasetyo Wibowo/Puji Wisudya Rakhmawati 2-0 (11-6, 11-4)
Ganda Putra: Edwin Jeffry Herald Wuisang/Erick Mario vs Gunawan/Firman Hakim Azwir 0-2 (7-11, 9-11)
Ganda Putri: Ascana Luisa Gurusing/Mikasari Muthmainah Jatiningsih vs Puji Wisudya Rakhmawati/ Amira Jati Oksiana 2-1 (5-11, 11-6, 11-4)
Ganda Campuran: Yehuda Bimo Yudanto Purwantoro Putro/Novilia Mayasari vs Suparno/ Aulia Chandra Ayu Liana Putri 1-2 (13-11, 6-11, 8-11)
Ganda Putra: Deni Apri Andri/Nurusman Budiman 2-1 (7-11,11-7,11-4)

Kedeputian Bidang Marves vs Kedeputian Bidang Administrasi (4-3)
Ganda Putra: Yudi Herdanto/Namat vs Khamami/ Arief Setia Budi 0-2 (11-13, 11-13)
Ganda Putri: Ega Julaeha/Nadia Rafiana vs Prama Putri Iswari/Herlina Ratnasari 2-1 (8-11,11-8, 11-8)
Ganda Campuran: Faisal Yusuf/Endang Listyaningsih vs Prama Putri Iswari/Taufik Kurniaputra 2-1 (9-11, 11-5, 11-9)
Ganda Putra: Benni Kusriyadi/Aqif Mahendra vs M. Akhiruddin/Ajat Sudrajat 0-2 (9-11, 6-11)
Ganda Putri: Lidya Grace/Siti Nur Cholifah vs Anindita Lintang Pakuningjati/Pipit Eriana Achmad 2-1 (9-11, 11-9, 11-3)
Ganda Campuran: Sudarmanta/Edmi Almasyar vs Herlina Ratnasari/Ari Mustofa 2-0 (11-6,11-9)
Ganda Putra: Pendi/Binar Condro Wardoyo vs Tarmuji/Muhamad Badru Zaman 0-2 (10-12, 7-11)

Kedeputian Bidang DKK vs Kedeputian Bidang PMK (3-4)
Ganda Putra: Mustamin/Syarif Hidayatullah vs Yanuar Agung Anggoro/Muhammad Hildan 2-1 (11-7, 7-11, 11-7)
Ganda Putri: Pratita Setianingrum/Nola Vitriona vs Anita/Willya Indriani 0-2 (7-11, 4-11)
Ganda Campuran: Edi Nurhadiyanto/Kurniawati vs Suryadi Mahatma Putra/Anita 2-0 (12-10, 11-9)
Ganda Putra: Said Muhidin/Risdina Baetulrohman vs Irfan Iriyanto/Ichsan Darna Mua’ddin 2-0 (11-7, 11-8)
Ganda Putri: Fransisca Alyanti/Aliyyah Damar Fitriyani vs Hendra Wati Soesabdo/Ina Kurniawati  0-2 (5-11, 9-11)
Ganda Campuran: Rino Anggi Saputro/Nola Vitriona vs Jufry Hasiholan Manurung/Willya Indriani 0-2 (8-11, 2-11)
Ganda Putra: Mugiyono/Khamidin vs Bayu Seta Aji/Dede Dimas 1-2 (11-8, 7-11, 5-11)

Jadwal pertandingan kategori beregu selanjutnya adalah pada tanggal 21 November 2023 yang menghadirkan Kedeputian Bidang Perekonomian berhadapan dengan Kedeputian Bidang Marves. Selain itu akan dipertandingkan juga kategori perorangan putra. (FID/UN)

Berita Terbaru