Peresmian Bendungan Bendo, 7 September 2021, di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 7 September 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 127 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Pak Menteri PUPR dan Kapolri;
Yang  saya hormati Gubernur Jawa Timur beserta Bupati Ponorogo;
Yang saya hormati para Direktur Utama PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya (WIKA), dan juga PT Nindya Karya;
Para Pimpinan Politeknik yang pada pagi hari ini juga hadir;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Swt., alhamdulillah, pada siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai, sudah rampung, dan siap difungsikan.

Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp1,1 triliun memiliki kapasitas 43 juta meter kubik, dengan luas genangan 170 hektare, serta tinggi bendungan 74 meter ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik, serta bisa mengurangi banjir/mereduksi banjir 31 persen atau sebesar 117,4 meter kubik per detik.

Tahun ini, telah dan akan diselesaikan ini 17 bendungan, tahun 2021. Yang pertama itu Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, telah diresmikan di Februari. Kemudian Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, sudah diresmikan di bulan Februari yang lalu. Kemudian yang ketiga Bendungan Napun Gete di NTT (Nusa Tenggara Timur), juga sudah diresmikan di Februari. Yang keempat Bendungan Sindang Heula, ini di Banten, diresmikan di bulan Maret. Dan kelima Bendungan Kuningan (di Jawa Barat) yang baru saja kita resmikan di 31 Agustus. Dan Bendungan Way Sekampung di Lampung yang awal September kemarin juga sudah kita resmikan. Dan sekarang Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya juga Bendungan Paselloreng nanti akan kita resmikan minggu ini. Kemudian yang kita harapkan juga selesai: Bendungan Karalloe nanti bulan Oktober, Bendungan Ladongi bulan Oktober, Bendungan Bintang Bano nanti bulan Oktober, kemudian Bendungan Ciawi bulan November ini di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi ini juga di Jawa Barat bulan November, Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng di bulan Desember, Bendungan Pidekso di bulan Desember, dan Bendungan Margatiga di bulan Desember 2021.

Jadi di, sekali lagi, di tahun 2021 ini telah dan akan diselesaikan 17 bendungan. Artinya, nanti produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan air, pasokan air, dan kita harapkan itu akan meningkatkan produktivitas dari para petani-petani kita.

Saya ingin berpesan agar bendungan ini, ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada, sehingga sekali lagi masyarakat utamanya para petani bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur siang hari ini saya nyatakan diresmikan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru